Dakar Rally Etape-4 Motor

Barreda Buktikan Skill, Bawa Honda Menangi Etape 4

Joan Barreda Bort bawa Honda kembali tekuk para pereli KTM yang pada dua etape sebelumnya tampil cukup dominan. JB
Joan Barreda Bort bawa Honda kembali tekuk para pereli KTM yang pada dua etape sebelumnya tampil cukup dominan. JB

Autogear.id - Dari beberapa etape yang membuat posisi para pereli Honda tak berkutik, akhirnya berbalik di etape keempat Dakar Rally (DR) 2023 yang mengitari gurun pasir di utara Ha'il. Trek yang tersaji sepanjang 425 km tersebut, memang cukup tricky lantaran banyak gundukan pasir dengan relief yang cukup curam. Sehingga para pereli memang harus sanggup memprediksi kondisinya dengan tepat. 

Namun di etape ini sanggup dimanfaatkan dengan baik oleh Joan Barreda Bort yang membawa Honda CRF450 Rally miliknya dengan baik. Meski hanya unggul 16 detik dari pereli yang finish di urutan kedua yang juga menggunakan motor sama dan bernaung di tim pabrikan Honda yaitu Pablo Quintanilla, namun dengan kemenangan ini Barreda menunjukkan kualitas terbaiknya meski tak bernaung di tim pabrikan sepenuhnya.

Trek yang tersaji pun diakui oleh Quintanilla adalah trek yang sangat berat. Mengingat mereka harus menjalani pasir lembut dan basah sepanjang jalan. Belum lagi tumbuhnya rumput onta yang harus mereka hindari sepanjang jalan. 

Baca Juga:
Chicherit Menang Etape 3, Attiyah Pimpin Klasemen, Sainz Terhempas

"Etape ini menjadi etape yang tersulit bagiku sejauh ini, trek spesialnya panjang dan sangat banyak rumput onta. Jadi Saya lebih banyak menghabiskan energi mengontrol motor. Apalagi gurun pasirnya terbilang sangat basah dan membuat motor jadi sulit berbelok. Coba saja bayangkan Anda harus benar-benar fokus mengontrol motor untuk jarak 425 km, tentu itu bukan hal mudah," papar Quintanilla. 

Di urutan ketiga, pereli asal Amerika yaitu Skyler Howes yang bernaung di bawah tim pabrikan Husqvarna Factory Racing, juga terlihat sanggup melewati tantangan berat pada etape ketiga yang berlangsung Rabu (4/1/2023) itu. Satu-satunya pereli tim KTM pabrikan yang berada di urutan 5 besar adalah Toby Price. Tentu ini wajib menjadi fokus bagi tim asal Austria itu untuk bisa tetap mempertahankan posisinya.

Hasil Dakar Rally Etape 4 Motor:
1. Joan Barreda Bort, Monster Energy JB Team, 4 jam 28,1 menit
2. Pablo Quintanilla, Monster Energy Honda Team, +16 detik
3. Skyler Howes, Husqvarna Factory Racing, +1 menit


(uda)