Balap Motor

Ketok Palu, Asia Talent Cup 2020 Batal

Idemitsu Asia Talent Cup Sepang 2020 resmi dibatalkan. atc
Idemitsu Asia Talent Cup Sepang 2020 resmi dibatalkan. atc

Autogear.id: Bersamaan dengan pengumuman pembatalan MotoGP Thailand dan Malaysia, kejuaraan pembibitan pembalap muda Idemitsu Asia Talent Cup (ATC) 2020 juga resmi dibatalkan. 

Alasan utama adalah masih tingginya status pandemi di wilayah negara-negara Asia yang menjadi tuan rumah ATC. Hal ini memaksa Dorna, FIM, dan IRTA untuk membekukan kompetisi tahun ini dan akan menyusun kembali agenda di tahun 2021 mendatang. 

Putaran ATC Malaysia sebelumnya ditunda bersama MSBK, yang dijadwalkan terselenggara di Sirkuit Sepang akan menjadi satu-satunya balapan yang tersisa dari kalender 2020 yang asli. Namun, karena pembatasan perjalanan babak ini juga harus dibatalkan.

Oleh karena itu, ATC 2020 hanya bisa menjalani satu putaran yang telah berlangsung di Qatar pada bulan Maret. Mengingat ini hanya dua balapan, maka ini tidak bisa dihitung sebagai kejuaraan satu musim sehingga keputusan pembatalan dengan sangat berat hati harus diputuskan.

Namun demikian, setiap pembalap yang mengisi line up tahun ini secara otomatis akan memiliki tempat di grid 2021. 

Asia Talent Cup (ATC) merupakan kejuaraan balap motor pencarian bakat dengan tujuan membantu para pembalap muda potensial mengembangkan karir mereka ke Moto3, Moto2, atau bahkan MotoGP. 

Indonesia sendiri memiliki empat wakil di kancah ATC 2020. Mereka antara lain Herjun Atna Firdaus, Azryan Dheyo Wahyumaniadi, Herlian Dandi dan Fadillah Arbi Aditama yang semuanya berada dibawah binaan Astra Honda Racing Team.


(uda)