Balap Motor

Indonesia Raya Berkumandang Dua Kali di IATC Motegi

Veda Ega Pratama sapu bersih podium tertinggi, pada kedua race di putaran kedua IATC di sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang (30/9 - 1/10/2023). AHRT
Veda Ega Pratama sapu bersih podium tertinggi, pada kedua race di putaran kedua IATC di sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang (30/9 - 1/10/2023). AHRT

Autogear.id – Lumayan bikin Honda Motor tersenyum sumringah, ketika lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang dua kali, pada gelaran balap international Idemitsu Asia Talent Cup (IATC). Ketika pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM), Veda Ega Pratama sapu bersih podium tertinggi, pada kedua race di putaran kedua IATC di sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang (30/9 - 1/10/2023). 

Prestasi ini sekaligus mencetak sejarah, sebagai pembalap non Jepang yang juara di sirkuit Motegi sejak kejuaraan ini digelar dari tahun 2017. Kepiawaian pembalap lulusan Astra Honda Racing School dalam memacu NSF250R, bersaing dengan racer tuan rumah, membuahkan hasil positif pada kedua race yang masing-masing berlangsung 13 lap. 

Race pertama, Sabtu (30/09), Veda yang mulai beraksi dari posisi 6 langsung merangsek ke kelompok pembalap terdepan. Bersaing ketat dengan racer tuan rumah. Tetap bertahan pada beberapa lap, dia pun berhasil melakukan overtake, menjaga jarak agar bisa lepas dari rapatnya pertarungan. Alhasil dia terus bertahan, hingga finish dan meraih podium tertinggi. 

Sedangkan race kedua, Minggu (1/10), torehan menggembirakan kembali diukir pembalap berusia 14 tahun itu. Dia kibarkan kembali bendera Merah Putih, dengan meraih podium pertama. Menunjukkan konsistensi dominasi sepanjang balapan, jelang garis finish dia berhasil ciptakan jarak cukup jauh dengan rivalnya. Lalu menyelesaikan balapan dengan waktu tempuh 26:34:603. Membuatnya bertengger di posisi pertama klasemen sementara, total 95 point.

Baca Juga:
Ratusan Masyarakat Prakerja Jogja Dapat Pelatihan Mekanik Gratis

“Alhamdulillah, saya raih podium tertinggi di kedua race. Sejak awal saya berusaha tenang, menunggu momentum maju ke depan. Hingga akhirnya bisa menjadi yang pertama menyentuh garis finish. Double winner ini saya persembahkan untuk masyarakat Indonesia,” ujarnya.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan, prestasi ini hasil kerja keras dan ketekunan pembalap beserta seluruh tim. Konsistensi dukungan AHM bagi generasi penerus, untuk berjuang harumkan nama Indonesia, hasilkan capaian positif. Sapu bersih podium tertinggi di kedua race IATC, bersamaan gelaran MotoGP Motegi, Jepang.

"Kami senang dapat kembali mengantar pembalap Indonesia persembahkan kibaran Merah Putih di ajang bergengsi ini. Terbukti, pembalap Indonesia punya kompetensi bersaing bareng pembalap berbakat negara lain. Kami akan terus dukung capaian prestasi putra-putra bangsa ini," ujarnya.

IATC merupakan ajang balap yang digagas penyelenggara balap MotoGP, Dorna Sports, untuk mencari para pembalap muda berbakat dari Asia. Dalam setiap kejuaraan, IATC akan digelar dua kali. Sebelum akhirnya setiap pembalap koleksi akumulasi poin, untuk menentukan posisi klasemen tertinggi hingga akhir seri. Seri IATC 2023 selanjutnya digelar di Sirkuit Mandalika (13 - 15/10/2023).


(uda)