Asia Road Racing Championship 2023

Dua Kemenangan Diamankan Rheza Dhanica di ARRC Thailand

Rheza Dhanica Ahrens tampil dominan di ARRC Thailand dengan memenangi dua race sekaligus. AHRT
Rheza Dhanica Ahrens tampil dominan di ARRC Thailand dengan memenangi dua race sekaligus. AHRT

Autogear.id – Prestasi membanggakan dipersembahkan oleh pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) pada seri pembuka ajang balap Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023. Secara konsisten, Rheza Danica dua kali mengibarkan bendera Merah Putih diiringi lagu Indonesia Raya dari podium tertinggi di kelas Asia Production (AP) 250 pada ajang balapan bergengsi Asia ini.   
 
Pada seri perdana ARRC 2023 yang digelar di Chang International Circuit, Buriram, Thailand (25-26/3), para pembalap AHRT langsung menunjukkan dominasinya di antara pembalap yang berasal dari berbagai negara Asia. Hasil dari performa balap yang apik para pembalap yang bernaung di bawah bendera Astra Honda Racing Team (AHRT) ini pun langsung membuat bangga. 

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, Andy Wijaya mengatakan pencapaian yang membanggakan dari para pembalap binaan AHM pada balap Asia putaran perdana ini tidak terlepas dari konsistensi pembinaan balap yang dilakukan perusahaan serta kesempatan terbuka bagi pebalap belia dalam bersaing di level balap yang lebih tinggi.   
  
“Semoga awal yang baik ini dapat terus konsisten hingga kompetisi usai. Kami menyadari kerja keras, keterampilan, serta kekompakan tim menjadi pondasi dalam meraih prestasi. Terima kasih atas semua dukungan yang diberikan, kami yakin hal ini dapat menjadi motivasi tersendiri untuk memberikan kebanggaan bagi Bangsa Indonesia,” ujar Andy.

Baca Juga:
Tabrak Oliveira, Ini Sanksi yang Harus Dijalani Marquez di Argentina

  
Di kelas AP250, Rheza Dhanica Ahrens berhasil membuka ARRC 2023 dengan menempati podium tertinggi. Pada race pertama Sabtu (25/3), pembalap berjuluk 'The Silent Boy' itu sejak awal balapan langsung melesat dan merebut podium pertama. Dan pada race kedua (26/3), meski harus berjuang di awal jalannya balap, Ia sanggup mengasapi pembalap lain untuk merebut kembali podium tertinggi. Saat ini Rheza mengumpulkan 50 poin dan memimpin klasemen sementara.  
 
“Alhamdullillah, podium 1 lagi di race 2 ini. Saya bisa kembali lepas dari rombongan dan memudahkan untuk mengatur irama balap serta menjaga jarak sampai finish. Hasil sempurna di 2 race dengan point 50 ini menjadi modal awal yang bagus untuk perebutan juara Asia 2023. Semoga saya bisa konsisten sampai akhir. Terima kasih dukungan Astra Honda, keluarga dan masyarakat Indonesia,” ujar Rheza.   
 
Di kelas yang sama, Herjun Atna Firdaus tampil baik selama latihan bebas dan kualifikasi. Di race pertama, pemuda kelahiran Pati, Jawa Tengah ini mampu bersaing hingga merebut podium ketiga. Kemudian pada race kedua, Herjun harus bertarung sengit hingga akhir lap untuk mendapatkan posisi tiga besar. 

Sayang petaka di tikungan terakhir sebelum finish, membuat Herjun harus terhenti karena terjatuh akibat bersenggolan dengan pembalap lain. Kini ia pun mengumpulkan 16 poin dan berada pada posisi 8 klasemen sementara.   

Baca Juga:
Pecco, Vinales dan Bezzecchi Komentari Insiden Marquez VS Oliveira

“Di race kedua ini, saya kembali harus bertarung dengan rombongan depan sejak awal balap. Usaha saya untuk bisa melepaskan diri tidak berhasil karena kuatnya tekanan 3 pebalap lain. Hingga pada tikungan akhir yang menentukan, saya mengalami insiden dengan pebalap lain dan gagal menyentuh garis finish. Saya akan berusaha lebih kuat lagi di putaran berikutnya,” ucap Herjun.   
  
Sedangkan Veda Ega Pratama tampil impresif pada debutnya di balapan ARRC. Veda sanggup merebut podium kedua pada balapan pertama. Sayang di race kedua, pebalap belia ini pun harus terkena ride through penalty atas kesalahan yang dilakukannya pada race pertama. Namun Veda tetap mengantongi poin di race kedua ini, setelah menyelesaikan balapan di posisi ke-9. Hasil ini pun membuat Veda mengumpulkan 27 poin dan berada pada posisi 4 klasemen sementara.    


(uda)