Busi Motor

Ternyata Ini Fungsi Elektroda 'Tiarap' pada Busi Motor

Desain busi dengan elektroda tiarap cocok untuk mesin motor 2tak dengan performa tinggi seperti motor balap atau motor trail. ngk
Desain busi dengan elektroda tiarap cocok untuk mesin motor 2tak dengan performa tinggi seperti motor balap atau motor trail. ngk

Autogear.id: Busi merupakan elemen penting di dalam sistem pengapian mesin. Tak hanya itu, busi ternyata memiliki segudang fitur yang disematkan khusus untuk kebutuhan masing-masing kendaraan.

Oleh karena itu, anggapan bahwa busi semua sama saja perlu diluruskan. Sebagai contoh adalah, busi NGK Iridium IX BR9ECMIX dan BR8ECM.

Pada kedua busi tersebut, bagian elektroda ground terlihat berbeda dari busi pada umumnya. Jika biasanya elektroda ground berbentuk ‘J’, maka di busi ini tingkat sudut kemiringan elektroda groundnya jauh lebih menunduk. Bahkan apabila diamati dari samping, elektroda pusatnya menjadi hampir tidak terlihat.

Technical Support PT NGK Busi Indonesia, Yaumil Ichsan menjelaskan penggunaan desain ‘tiarap’ tersebut tidak lepas dari peruntukan kendaraan busi itu sendiri. "Itu untuk mesin motor 2tak dengan performa tinggi seperti motor balap atau motor trail,” jelas Ichsan. 

Lebih lanjut ia menambahkan sifat mesin 2tak cenderung lebih panas, hal tersebut diakibatkan oleh siklus pembakaran campuran oli samping, bensin, dan udara yang menyisakan deposit karbon di ruang bakar, sehingga temperatur busi menjadi lebih tinggi. 

"Oleh karena itu, diperlukan desain busi khusus seperti elektroda ground tiarap untuk mendinginkan busi agar tidak mudah meleleh," sambung Ichsan. 

Selain itu, ia menjelaskan dengan semakin pendek dimensi elektroda ground busi, maka akan semakin tinggi pula kemampuan busi tersebut pada saat memperoleh getaran dan guncangan saat kendaraan tersebut digunakan di kondisi ekstrim seperti sirkuit balap maupun motocross, sehingga risiko elektroda busi patah bisa diminimalisir. 


(uda)