Sepeda Motor Bakal Punya Teknologi Airbag

Foto: Ist
Foto: Ist

Autogear.id - Sejauh ini, popularitas kendaraan bermotor terus meningkat. Didorong laju urbanisasi yang meluas, kepadatan perkotaan, serta kepraktisan maupun kemudahan penggunaan roda dua. 

Bahkan hingga kini skuter dan sepeda motor telah dilengkapi sistem keselamatan canggih, seperti ABS (Antilock Braking System) dan ASR (Anti-Slip Regulation). Kian menariknya, penambahan airbag pada skuter dan sepeda motor akan menjadi langkah selanjutnya.

Seperti yang dilakukan Autoliv, inc. (NYSE: ALV and SSE: ALIVsdb), salah satu papan atas di bidang sistem keselamatan otomotif dunia, serta Piaggio Group sebagai sebuah merek ternama. Keduanya saat ini tengah berkolaborasi untuk mengembangkan sebuah airbag bagi kendaraan roda dua.

Kedua belah pihak telah menandatangani kerja sama pengembangan airbag untuk skuter dan motor, diklaim demi menciptakan perlindungan yang lebih baik, serta meningkatkan kenyamanan dalam berkendara. 

“Autoliv berkomitmen pada visi kami, untuk menyelamatkan lebih banyak jiwa, dan menyediakan solusi keselamatan jiwa kelas dunia, untuk mobilitas dan masyarakat. Oleh karena itu, kami mengembangkan produk yang secara khusus melindungi pengguna jalan yang rentan”, kata Mikael Bratt, CEO dan Presiden Autoliv. 

Dikatakan Bratt, pengembangan produk ini merupakan bagian integral dari agenda keberlanjutan Autoliv dan langkah penting menuju tujuan mereka. Yakni target untuk menyelamatkan 100.000 jiwa per tahun pada tahun 2030.

Secara teknis, airbag tersebut akan dipasangkan pada rangka kendaraan, dan akan mengembang dalam hitungan milidetik. Walaupun belum dijelaskan lebih jauh secara terperinci, di bagian rangka sebelah mana airbag tersebut akan disematkan. Serta sistem bekerja airbag itu pada kenyataannya akan seperti apa. Mengingat konsep desain body roda dua sangat berbeda jauh dengan roda empat.  

Belakangan ini Autoliv juga telah mengembangkan konsep awal, dan riset mendalam dengan alat simulasi canggih, melakukan uji tabrakan skala penuh terhadap roda dua. Upaya melihat bagaimana riset yang telah dilakukan berfungsi secara optimal.

Sekarang, Autoliv telah menentukan langkah, untuk menjalin kerja sama berkesinambungan dengan merek ternama asal Italia Piaggio Group. Sebagai tahap dalam mengembangkan produknya secara lebih lanjut. Bahkan ke depannya usaha dan potensi untuk mengkomersialkan konsep tersebut.


(acf)