Tips Perawatan Motor

Sejumlah Komponen Motor Ini Perlu Dilumasi, Supaya Tetap Tokcer

Cermati beberapa bagian yang butuh pelumasan di kendaraan sepeda motor agar tak terjadi masalah di kemudian hari. Rexco
Cermati beberapa bagian yang butuh pelumasan di kendaraan sepeda motor agar tak terjadi masalah di kemudian hari. Rexco

Autogear.id – Kendaraan roda dua harus senantiasa dirawat, agar kinerjanya tetap terjaga. Selain komponen mesin, ada sejumlah komponen tertentu yang perlu perawatan berkala, meskipun sekadar diberi pelumas, terutama di musim penghujan. Agar tidak gampang karat dan tetap nyaman ketika digunakan.

Menurut Marketing Manager Rexco Indonesia, Tomy Tambrani, untuk perawatan komponen tersebut, pengguna bisa melakukannya mandiri tanpa perlu ke bengkel. Sehingga lebih hemat waktu dan biaya. Lanjut Tomy, beberapa komponen motor yang perlu mendapat pelumasan secara berkala, dan bisa dikerjakan sendiri di rumah antara lain :

1. Lubang Kunci Kontak
Bagi pemilik motor yang menggunakan anak kunci konvensional, lubang kunci kontak harus mendapat perhatian khusus. Kendati sekarang sudah banyak motor berfitur keyless. Keberadaan anak kunci jangan dianggap sepele, pasalnya bagian ini mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik.

Anak kunci mudah seret atau macet, jika lubang kunci kontak tak pernah dilumasi secara berkala. Tapi ingat, jangan pakai oli bekas, berisiko mengotori partikel-partikel di dalam kunci kontak. Jangan sekali-kali memaksa kunci kontak, saat tiba-tiba macet tak bisa diputar. Sebab, tindakan itu berisiko membuat lubang kunci rusak dan longgar.

Baca Juga:
F1 Tak Terprediksi, Peluang Menang Duo Red Bull Racing Bakal Imbang

2. Area Tutup Tangki
Pelumasan juga berlaku pada tutup tangki yang memakai model anak kunci kontak sebagai pembuka. Ketika lubang kunci kontak atau tutup tangki sudah seret akibat berkarat, maka anak kunci bisa berpotensi bengkok, bahkan patah, karena memutar anak kunci kontak dengan paksaan.

3. Standar Samping dan Tengah
Pemilik motor tak perlu panik, kalau kondisi standar tengah tidak berfungsi semestinya. Biasanya standar tengah nyangkut, sulit kembali dengan sempurna. Beberapa kasus malah standar tengahnya sampai macet, karena karatan.

Itu terjadi bukan disebabkan usia kendaraan, melainkan terkena debu dan air hujan. “Cukup simpel merawat standar tengah dan samping. Semprotkan saja Rexco 50. Pelumas serba guna melindungi dari karat, memudahkan pelepasan baut, menghilangkan bunyi-bunyi dan kelembaban, melindungi dari ancaman korosi, serta membersihkan dan menghilangkan sisaan oli, aspal, hingga debu.

4. Rantai
Perawatan komponen ini diperlukan bagi motor non matik. Masalah rantai umumnya adalah mudah kendor dan kering hingga berkarat. Terutama usai digunakan, membuatnya ketempelan kotoran serta air hujan.

Baca Juga:
Berani Tolak Instalasi Audio Asal-Asalan, Kunci Eksistensi Sterindo Autosound

Rantai kering dan berkarat akan lebih cepat aus, bahkan timbul gangguan suara berisik saat motor sedang dikendarai. Cara merawat rantai, sering-sering disemprot menggunakan pelumas khusus rantai, seperti Rexco 25. Supaya rantai tahan lama, tidak gampang aus dan berisik.

5. Tombol Saklar
Kadangkala dijumpai saklar motor, misalnya di bagian tombol lampu sein terasa seret atau keras ketika digunakan. Bisa juga klakson tidak bunyi, ketika tombolnya dipencet. Ini kerap terjadi, terutama motor yang sering parkir di tempat terbuka, sehingga terpapar hujan dan panas.

Agar tombol-tombol di saklar berfungsi normal, lakukan penyemprotan berkala. Semprotkan ke celah-celah tombol, kemudian pencet tombol berkali-kali secara bergantian, supaya proses pelumasan optimal.

6. Pedal Rem, Footstep dan Kick Starter
Musim hujan seperti sekarang, piranti motor yang terbuat dari bahan besi lebih mudah berkarat. Sebut saja komponen Footstep, Kick starter atau Pedal Rem. Bila beban tekanan yang ditumpukan boncenger pada footstep cukup berat dan terus menerus, maka footstep lama kelamaan bisa melengkung, tidak lurus lagi.

Agar kondisi footstep motor awet dan nyaman saat digunakan, Jadi perlu disemprotkan cairan pelumas di bagian footstep yang sering bergesekan secara rutin. Begitu juga kick starter, yang biasanya tuasnya akan mudah seret. Terutama pada bagian pedal rem. Jika sampai keras atau macet, bisa berbahaya dan pengaruhi kinerja pengereman terkait keselamatan di jalan.


(uda)