Serba-Serbi MotoGP Mandalika 2022

Pembalap MotoGP Ikut Seseruan Berkendara di Parade MotoGP Jakarta

Para pembalap MotoGP mengikuti parade berkeliling di Jakarta menggunakan identitas motor masing-masing pagi menjelang siang tadi. MotoGP
Para pembalap MotoGP mengikuti parade berkeliling di Jakarta menggunakan identitas motor masing-masing pagi menjelang siang tadi. MotoGP

Autogear.id - Rencana parade pembalap MotoGP di Jakarta yang sejak awal dijadwalkan, akhirnya berlangsung hari ini Rabu (16/3/2022). Sebanyak 16 pembalap MotoGP dan 4 pembalap dari kelas balap lainnya, termasuk para pembalap muda Indonesia yang berlaga di ajang dunia ikut seru-seruan. 

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meski tak ikut dalam keseruan parade ini, namun Ia menyambut dengan suka cita para pembalap MotoGP ini. Jokowi bahkan menerima mereka di Istana Merdeka sebagai titik awal pelaksanaan Parade MotoGP di Jakarta. Mengingat sejak terakhir kali balap dunia ini terselenggara di Indonesia, baru 2022 balapan ini kembali melaksanakan ajang tersebut.

"Pertamina Grand Prix of Indonesia, seri kedua akan digelar di Sirkuit Mandalika akhir pekan ini. Para pembalap MotoGP dan tim masing-masing sudah hadir di Indonesia. Hari ini sejumlah pembalap dunia itu datang langsung ke Jakarta dan bertandang ke Istana Merdeka. Mereka datang mengenakan kostum balap dan membawa sepeda motor masing-masing terparkir di jalan depan Istana Merdeka," ujar Jokowi melalui keterangan persnya.

Jokowi pun menyebut nama pembalap satu per satu dan tak lupa melakukan swafoto dengan mereka di Istana. Ini menjadi momen yang sangat dirindukan, juga sekaligus menjadi momentum untuk mempromosikan Indonesia ke dunia.

Baca Juga:
Bangkitkan Industri Otomotif Lewat Pameran, Target Menperin Agus Gumiwang

Kehadiran para pembalap ini tentu menjadi hal yang unik, lantaran mereka tampil secara langsung di hadapan masyarakat di Jakarta setelah selama ini hanya melihatnya lewat layar kaca. Enea Bastiannini yang sebelumnya melakukan audiensi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yaitu Sandiaga Salahuddin Uno, pun merasa sangat bangga bisa hadir di momen ini.

Enea Bastiannini yang juga mewakili sejumlah brand asal Indonesia termasuk Federal Oil yang selalu mengusung motto 'Bikin Bangga Indonesia' kali ini menunggangi motor Ducati Panigale 899 milik Federal Oil. Pemimpin klasemen sementara di MotoGP itu pun terlihat sumringah karena bisa ikut dalam keramaian parade di Jakarta. 

"Menyenangkan rasanya berbicara langsung dengan orang-orang penting di negara ini, Presiden Indonesia yaitu Joko Widodo dan juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Setelah ini kami akan langsung menuju ke Mandalika," sambut Bastiannini. 

Sehari sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan bahwa ini adalah wujud dari antusiasme tinggi Indonesia dalam menggelar kembali ajang balap MotoGP setelah 25 tahun absen menggelar balap dunia itu. 

Baca Juga:
Klub 'Motor Para Raja', Lantik Anggota Baru dengan Prokes Ketat

“Presiden beraudiensi dengan para pembalap MotoGP yang berlomba di Mandalika. Ada belasan pembalap yang hadir dan tentunya nama-nama yang sudah tidak asing bagi penggemar MotoGP, seperti yaitu Marc Marquez, Joan Mir, Alex Rins, Francesco Bagnaia, Jack Miller, Maverick Vinales, Alex Marquez, dan Takaaki Nakagami,” ucap Heru.

Sementara itu, pihak Dorna Sport menjelaskan bahwa kehadiran para pembalap MotoGP di Jakarta sebelum berlomba di Mandalika, sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras Pemerintah Indonesia dalam mempersiapkan MotoGP di Indonesia. 

“Dan ini merupakan tahun pertama dari 10 tahun kerjasama. Oleh karena itu, sebagai respek kami, para pembalap akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo besok. Kami juga mengucapkan terima kasih atas waktunya Bapak Presiden,” tutup Chief Sporting Officer Dorna Sports Carlos Ezpeleta. 


(uda)