Balap Mobil

Hengkang dari Honda, Rio SB Tetap Haus Kemenangan

Rio SB kini memperkuat tim F Five Racing di ISSOM 2020. adri/autogear
Rio SB kini memperkuat tim F Five Racing di ISSOM 2020. adri/autogear

Autogear.id: Musim balap 2020 menjadi babak baru dalam karir Rio Saputro Budiharjo alias Rio SB. Hengkang dari tim pabrikan Honda Racing Indonesia (HRI), kini Rio SB membela tim baru P Five Racing di kancah Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2020. 

Menjalani putaran pembuka Minggu (30/8/2020) kemarin, Rio SB yang berlaga di kelas ITCR 1500 keluar sebagai pemenang mengungguli dua kompetitor terdekat Avan Abdullah dan M Ferrel Fadhil. 

Mengandalkan kendaraan Honda Jazz eks tim Honda Racing, Rio SB sebenarnya mengalami kendala di rem dan handling. Namun karena persiapan yang mepet ia hanya berusaha memaksimalkan kondisi yang ada. 

"Mobil cukup kompetitif tapi masih banyak PR, tadi juga pas race mobil ada kendala di rem dan handling, jadi saya nggak maksa bawanya, berusaha jaga pace aja dan akhirnya bisa finish ke satu. Ini mobil yang lama, dari Honda kita beli tapi memang ada beberapa yang harus dirapihin, dan dirubah," ujar Rio SB. 

Tak hanya itu, di tim P Five Racing, sosok Rio SB juga didapuk sebagai leader tim yang mengurus kesiapan pembalap-pembalap lain yang ada tim P Five. 

"Di tim ini saya nggak sendirian, saya juga ngurus tiga pembalap lain, mulai dari kesiapan mobil, pendaftaran dan segala macamnya. Di sini ada tiga pembalap termasuk saya sendiri dan kita ikut di kelas OMR BMW, kelas Brio race, Jazz Race, ITCR 1200, dan ITCR 1500," beber Rio SB. 

Lebih lanjut, mantan rekan setim Alvin Bahar tersebut menambahkan kalau dirinya berharap ISSOM 2020 seharusnya bisa digelar sesuai dengan jumlah putaran yang ditargetkan. 

"Harapan saya apa yang sudah dimulai harusnya diselesaikan sampai tuntas. Kalau seri 1 ini bisa berjalan harusnya seri-seri selanjutnya juga bisa berjalan," tutup Rio. 


(uda)