Pembalap Nasional

Dua Fakta Ini Jadi Motivasi Andi Gilang di Moto2 Qatar

Jalani tugas berat di Moto2 Qatar, namun Andi Gilang punya momen manis di Sirkuit Losail. foto: honda team asia
Jalani tugas berat di Moto2 Qatar, namun Andi Gilang punya momen manis di Sirkuit Losail. foto: honda team asia

Autogear.id: Rider binaan Astra Honda Racing yaitu Andi Farid Izdihar atau yang akrab disapa Andi Gilang punya tugas berat jelang race pembuka Moto2 Qatar yang beberapa jam lagi digelar di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (8/3/2020) waktu setempat. 

Dari hasil kualifikasi, Sabtu (7/3/2020) kemarin, Andi Gilang yang membela tim Idemitsu Honda Asia meraih catatan waktu 2 menit 0.218 detik yang menempatkan di posisi start urutan 26. 

Menyinggung target awal Andi Gilang yang berupaya mencuri poin di Qatar, tentunya tidak akan berjalan mudah bagi pemuda kelahiran Bulukumba, 14 Agustus 1997 ini. 

Hanya saja, setidaknya ada dua hal bisa menjadi motivasi tambahan bagi Andi Gilang. Fakta pertama adalah, torehan waktunya di babak kualifikasi Moto2 Qatar sedikit lebih baik dibandingkan juara dunia Moto3 musim lalu, Lorenzo Dalla Porta yang memperkuat Italtrans Racing Team. 

Lorenzo Dalla Porta menorehkan waktu 2 menit 0.347 detik dan akan memulai balapan tepat di belakang Andi Gilang yaitu urutan 27. 

Hal kedua yang sepertinya bisa memacu semangat Andi Gilang adalah karena pemuda 22 tahun ini punya momen manis di Sirkuit Losail Qatar. Ya, tepatnya di tahun 2015 silam, Andi Gilang pernah juara pertama pada kejuaraan Advance Asia Talent Cup di Sirkuit Losail. 

Artinya, Andi bisa dikatakan sudah punya pengalaman dan pengetahuan soal data di Qatar. Hanya saja, dalam beberapa kesempatan ia mengatakan tantangan utama di Moto2 musim ini adalah proses adaptasi dengan motor. 

"Hampir semua berbeda dari handling, bobot, dan powernya apalagi. Semua beda, jadi seperti mengendarai sepeda motor baru dan beradaptasi," ujar Andi Gilang seperti dikutip dari Antara. 

Selain beradaptasi, Andi juga harus membagi fokus untuk mencari setingan yang tepat. "Sudah mendekati setting-an yang bagus, tapi masih perlu menganalisa dan mencoba mencari setting terbaik hingga race day," bebernya. 

Sementara itu, pole position di Moto2 Qatar diraih oleh rider asal Amerika Serikat, Joe Roberts disusul Luca Marini dan Enea Bastianini masing-masing posisi kedua dan ketiga. 


(uda)