Tips Perawatan Motor

Jangan Gagal Paham, Ini Beda Servis Motor di Bengkel Resmi dan Umum

Membedakan bengkel resmi motor dan bengkel umum punya perbedaan yang bisa terlihat kasat mata. DAM
Membedakan bengkel resmi motor dan bengkel umum punya perbedaan yang bisa terlihat kasat mata. DAM

Autogear.id – Berburu takjil naik motor jadi kegiatan menyenangkan selama Ramadan. Tetapi jangan sampai aktivitas menyenangkan berbuah kemalangan, lantaran motoran namun kurang mengindahkan hal-hal yang harus diperhatikan. Supaya kondisi berburu takjil tetap aman dan nyaman, penting bagi pemilik motor selalu menjaga performa prima kendaraannya.

Antara lain dengan perawatan berkala, idealnya dapat dilakukan setiap 2-3 bulan sekali. Kendati aktualnya tetap menyesuaikan intensitas penggunaan motor itu sendiri. “Servis berkala penting dilakukan. Untuk memastikan motor kesayangan senantiasa aman, dan nyaman ketika digunakan. Kami sarankan lakukan di bengkel resmi, sehingga mendapat kualitas servis terbaik,” ujar Technical Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM), Herry Chairy T.

Memang untuk perawatan motor berkala, tersedia bengkel resmi dan non resmi. Seperti Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Dan ada perbedaan ketika melakukan perawatan di keduanya.

Jaminan Kualitas Komponen dan Layanan
Servis di bengkel resmi menjamin kualitas dan ketersediaan komponen lengkap. Serta keaslian produk sesuai standar pabrikan. Biasanya servis di bengkel resmi transparan, terkait penjelasan penyebab masalah, dan perbaikan yang dilakukan mekanik. Lalu terbuka info seputar pemakaian komponen sesuai standar pabrikan. Begitupun pengembalian parts bekas, sisa oli dan cairan baru. Penanganan juga sesuai persetujuan pelanggan. 

Baca Juga:
Corsa Moon II, Buat yang Mau Pelesiran Anti-Mainstream!

Pengerjaan di bengkel resmi akan dilakukan oleh mekanik profesional, sehingga pelanggan tak perlu risau. Bengkel resmi beri garansi berdasarkan waktu penggunaan motor. Mulai dari 7 - 30 hari, dan jarak tempuh 500 - 1000 Km, tergantung mana tercapai duluan. Ditopang lagi tiga tipe layanan, yaitu perawatan berkala, ringan, dan berat sesuai kondisi motor.

Responsif dan Gampang Akses Info
Sebagai jaringan bengkel resmi, AHASS lanjut Herry berkomitmen memberi layanan responsif kepada pelanggan, dengan waktu pengerjaan cepat dan terukur. Pelanggan bisa mengakses informasi lewat website resmi, atau melakukan layanan pesan pada aplikasi smartphone dan kontak call center. Bagi pengguna motor Honda bisa mengakses Buku Pedoman Pemilik Garansi (BPPG) secara digital melalui Honda Motopub.

Layanan Lengkap dan Nyaman
Laiknya bengkel resmi, tentu punya standar khusus dan fasilitas penunjang kenyamanan. Sambil pelanggan menunggu motornya kelar diservis. Kemudahan pelayanan juga didukung program servis kunjung. Sehingga pelanggan dengan waktu terbatas, tetap dapat melakukan servis di rumah masing-masing. Fasilitas booking service juga tawarkan kenyamanan tersendiri, untuk pelanggan mencari waktu paling pas buat servis.

Jaringan Luas
Jangan khawatir kalau mau berkeliling negeri. Lebih dari 3.700 bengkel resmi motor Honda tersebar di seluruh penjuru tanah air. Perlu diketahui pula, jika servis motor tidak dilakukan di bengkel resmi, berpotensi menggugurkan garansi yang diberikan pabrikan.


(uda)