Pelumas Motor

Pertamina Lubricants Sokong Jelajah Nusantara SOG Pakai Enviro 2T

Pertamina Lubricants melalui produknya Enviro 2T ikut mendukung program Jelajah Nusantara yang digelar oleh komunitas Vespa SOG. PTPL
Pertamina Lubricants melalui produknya Enviro 2T ikut mendukung program Jelajah Nusantara yang digelar oleh komunitas Vespa SOG. PTPL

Autogear.id - Komunitas dan touring adalah hal yang tak bisa dipisahkan. Hal inilah yang membuat PT Pertamina Lubricants (PTPL) yang mengandalkan kemasan baru bagi oli Enviro 2T tak sungkan mendukung komunitas yang ingin melakukan touring. Kali ini perusahaan pelumas itu menggandeng komunitas Scooter Owners Group Indonesia (SOG) sekaligus mendukung perjalanan touring Jelajah Nusantara III yang dilakukan oleh SOG. 

SOG merupakan komunitas pemilik scooter Vespa lawas yang memang target dari pelumas Enviro 2T ini, karena mayoritas pengguna scooter Vespa ini masih menggunakan mesin 2-tak. Selain itu PTPL juga mendukung bagi mereka yang menggunakan Vespa matic keluaran baru dengan pelumas Enduro Matic V. 

Oli Enviro 2T dengan SAE 20 ini memang direkomendasikan untuk digunakan pada mesin kendaraan dua langkah berbahan bakar bensin dengan pendingin udara. “Enviro 2T diformulasikan dari bahan dasar sintetik dengan aroma yang khas, serta sudah memenuhi persyaratan mutu internasional JASO FC dan ISO L-EGD,” ujar Deni, salah satu peserta yang menggunakan oli tsb untuk perjalanan kali ini. 

Enviro diklaim memiliki rancangan khusus yang membuat kadar asap knalpot rendah dan mencegah pengotoran busi dan ruang bakar. Sehingga mesin akan stabil dan tahan lama. Kemudian mencegah penyumbatan saluran gas buang dari sisa pembakaran dan memberikan perlindungan mesin yang optimal dari keausan dan kontaminasi lain.

Baca Juga:
Lebih Rigid Tapi Ga Gradakan, Ini yang Baru New GR Supra

“PTPL mendukung kegiatan Jelajah Nusantara III yang dilakukan oleh komunitas Scooter Owners Group ini dengan memberikan oli Enviro 2T kepada semua peserta touring. Mudah-mudahan semua peserta touring Jelajah Nusantara III ini bisa merasakan keunggulan dari oli Enviro 2T ini sebagai oli yang memang diciptakan khusus untuk motor 2-tak,” jelas VP Sales Marketing Domestic Retail Automotive PTPL, Arie Anggoro.

Touring Jelajah Nusantara III
Jelajah Nusantara merupakan kegiatan inter-island ride. Pada pelaksanaannya yang ketiga di tahun ini, Jelajah Nusantara mengusung tema 'Ride for Nation' melalui 3 etape touring, yaitu dengan rute Jakarta – Sabang, Jakarta – Manado, dan rute IKN – Sarawak Malaysia – Brunei Darussalam. Flag off touring Jelajah Nusantara III telah dilaksanakan pada 4 Desember 2022 di Jakarta dan rangkaian kegiatannya akan berakhir pada 18 Maret 2023 di Brunei Darussalam.

“Kami berterimakasih atas dukungan dari Pertamina Lubricants dalam event Jelajah Nusantara III dan berharap melalui event ini SOG bisa berperan aktif dalam menjaga dan memperkenalkan wisata alam, kuliner dan budaya Indonesia. Baik di tingkat nasional maupun internasional,” ungkap Ketua Umum SOG, Venito Bastian.

Dalam seremoni pelepasan peserta touring Jelajah Nusantara III ini juga dilakukan penuangan produk Oli Pertamina Enviro 2T oleh peserta komunitas Scooter Owners Group di masing-masing motor mereka.

Baca Juga:
Honda PCX EV Mulai Touring Keliling Bandung

“Persiapan yang banyak dilakukan dari peserta kali ini lebih pada pemilihan oli mesin yang harus bertahan lama karena menempuh perjalanan jauh dan sejauh ini Enviro 2T bisa membuktikan ketangguhannya di motor peserta. Selain itu, peserta juga mempersiapkan staminanya karena event 'ride for nation' ini membutuhkan banyak tenaga untuk riding dengan etape Jakarta-Sabang. Selain itu, ada juga sub event lain seperti Pesona Indonesia, Gemilang Nusantara, dan Ekspedisi Kebangsaan,” ujar Ketua Pelaksana perjalanan Jelajah Nusantara III, Rizaldy Budiman.

Sementara para anggota SOG yang menggunakan Vespa 2-tak mengakui keunggulan yang dimiliki oleh oli Enviro 2T ini. Terutama bagi mereka yang memang senang touring jarak jauh dengan Vespa lawas miliknya. “Kalau saya sendiri sih pilihnya Oli Enviro 2T dari Pertamina. Soalnya udah terbukti banget bisa ngelindungin Vespa dari karat, korosi, dan keausan. Dan juga udah menggunakan teknologi smokeless agar lebih ramah lingkungan,” beber Hardian yang juga merupakan salah satu peserta.

Enviro 2T SAE 20 ini merupakan pelumas kendaraan dua langkah dengan bahan bakar bensin. Pelumas semi sintesis ini dibuat dari bahan dasar pelumas mineral ditambah bahan dasar polyisobutylene sintesis dan adatif-adatif yang unggul. “Pelumas ini sudah memenuhi standar terbaru pelumas motor dua langkah. Yaitu fokus di perbandingan udara yang menjadi tuntutan utama industri-industri otomotif Jepang meliputi sifat detergency, pelumasan, asap dan penyumbatan pada saluran gas buang,” pungkas Arie.


(uda)