Arus Balik Lebaran

Jangan Anggap Enteng Arus Balik, Tetap Pastikan 7 Cara Aman ini

Siap-siap melakukan perjalanan arus balik? Jangan dianggap enteng dan pastikan 7 hal ini agar tetap aman dan selamat di perjalanan. Auto2000
Siap-siap melakukan perjalanan arus balik? Jangan dianggap enteng dan pastikan 7 hal ini agar tetap aman dan selamat di perjalanan. Auto2000

Autogear.id – Usai musim mudik lebaran, biasanya diikuti dengan musim arus balik pasca lebaran yang akhirnya terjadi pekan ini. Bagi Anda yang baru akan melakukan perjalanan kembali ke kota tempat Anda berasal, tentu tetap harus menyiapkan banyak hal sebelum berkendara. Lantaran kecelakaan bisa terjadi jika abai dalam menjaga beberapa hal penting. 

Apalagi saat menghadapi arus balik, jarak tempuh perjalanan biasanya dirasakan lebih jauh ketimbang saat berangkat mudik. Asumsi ini biasa terjadi karena para pemudik sudah mencapai klimaks perasaan momen liburan. Sehingga antiklimaks itu dirasakan lebih lama.  

“Mengemudi mobil di momen arus balik libur Lebaran penuh tantangan mengingat jutaan orang akan berbagi jalan yang sama di waktu yang sama. Oleh karenanya, dibutuhkan skill mengemudi yang memadai dan ketenangan berpikir yang didapat dari cara mengemudi yang aman dan nyaman untuk mencegah timbulnya masalah. Pastikan pula kondisi mobil untuk memperlancar perjalanan dan membuat hati tenang,” terang Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara pada Jumat (6/5/2022). 

Adapun beberapa tips ringan yang diberikan oleh Imansyah untuk melakukan perjalanan arus balik ada beberapa hal berikut:
1. Pastikan Waktu Istirahat yang Cukup  
Berkendara jarak jauh membutuhkan kondisi fisik yang prima. Usahakan tidur nyenyak minimal 6 jam sebelum mengemudi mobil supaya tubuh bugar. Karena kondisi badan tentu akan menurun, mengingat di masa liburan cukup menguras energi.  

Baca Juga:
Suzuki Keluar dari MotoGP, Kemana Mir dan Rins Berlabuh?

Selama berkendara, sebaiknya Anda beristirahat setiap 2 jam sekali dan upayakan untuk tidur selama sekitar 30 menit di 2 jam kedua. Andai mengemudi melewati waktu 6 jam, usahakan agar ada sopir pengganti untuk mengurangi keletihan.  

2. Managemen Perjalanan 
Pemerintah memiliki rencana untuk mengatur arus lalu lintas arus balik supaya tetap terkendali. Pantau terus informasinya melalui pemberitaan media atau melalui akun resmi institusi terkait. Manfaatkan peta digital untuk mempelajari rute yang paling nyaman dan waktu perjalanan yang paling tepat, termasuk mempelajari jalur alternatif kalau rute utama mengalami kemacetan panjang. 

3. Safety Driving 
Ini merupakan cara mengemudikan mobil Anda dengan mengikuti standar keselamatan agar meminimalisir risiko kecelakaan. Mulai dari persiapan mobil, kebugaran tubuh, posisi berkendara yang pas, mengemudikan kendaraan dengan benar, dan mematuhi etika berkendara dan aturan lalu lintas.  

4. Bikin Suasana Kabin Nyaman 
Perjalanan panjang saat arus balik lebaran harus tetap menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga. Anda bisa mengatur peletakan barang agar tidak mengganggu ruang gerak penumpang. Atur pula kapasitas penumpang agar tidak melebihi ketentuan. Bawa makanan dan minuman yang memadai, terutama jika ada anak dan lansia.  

Baca Juga:
Mobil Pelopor Operasional Satu Pedal Ini Kantongi Predikat Best EV 2022

5. Perhitungkan Bahan Bakar dan Saldo E-toll 
Bahan bakar yang selalu terisi penuh dan saldo e-toll yang cukup merupakan salah satu syarat agar AutoFamily dapat berkendara dengan tenang di jalan tol. Selain itu, isi penuh bensin saat berangkat dan tidak mengandalkan pom bensin di rest area kecuali terpaksa mengingat risiko penuh dan macet.  

6. Kendalikan Emosi 
Jutaan orang yang bermobilitas di waktu yang bersamaan berpotensi macet dan menguras kesabaran. Anda harus tetap bisa mengelola emosi, supaya perjalanan tetap menyenangkan dan nyaman bagi keluarga tercinta. Kemudian tidak terprovokasi ketika ada pengemudi lain melakukan manuver berbahaya. 

7. Pastikan Mobil Dalam Kondisi Prima 
Menjaga mobil tetap prima, lakukan kembali pengecekan pada beberapa komponen mobil, mulai cairan seperti oli, air radiator, air wiper dan cairan lainnya, lalu lampu-lampu, tekanan ban serta komponen penting lain. Demi memastikan supaya lebih aman, bisa sambangi bengkel siaga Auto2000 yang masih buka di kota masing-masing, dengan mengecek situs resmi Auto2000 Digiroom.


(uda)