Aksesoris Otomotif

Dashcam Blackvue, Punya Teknologi Tracker dan Fitur Safety Tinggi?

Kamera dasbor dari Blackvue, punya fungsi pelacak kendaraan dan fitur keselamatan? AG - Alun
Kamera dasbor dari Blackvue, punya fungsi pelacak kendaraan dan fitur keselamatan? AG - Alun

Autogear.id - Ketika berkendara mobil di jalan raya, mungkin saja pengendara mengalami hal-hal yang di luar dugaan. Sekarang ini demi mengantisipasi kondisi tersebut di jalan raya, banyak pengguna mobil memasangkan kamera dashcam di kendaraannya.

Sehingga kamera tersebut dapat merekam dan menyimpan semua hal yang terjadi. Selama pengguna mobil tersebut berkendara di jalan. Salah satu kamera dashcam pintar yang selama ini banyak dipilih pemilik dan pengguna mobil adalah Blackvue Dashcam.

Bertepatan dengan event pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Blackvue memperkenalkan model terbaru mereka, yakni Blackvue DR900X-2CH DMS Plus. Dashcam semua tipe mobil ini dapat diandalkan, merekam dengan jernih tanpa ada gambar buram atau terpotong. 

Seperti dashcam pada umumnya, tipe ini dilengkapi dua kamera depan dan dalam. Serta Blackvue security, sebuah teknologi yang  bisa mencegah terjadinya gagal rekam. Tipe ini dikatakan dapat memberikan perlindungan penuh terhadap pengguna dan kendaraannya. Salah satunya karena dilengkapi oleh teknologi Cloud dan Artificial Intelligence.

Baca Juga:
Jajal Kendaraan Listrik Yuk di GIIAS 2022!

Dashcam pintar ini memiliki dua kamera, satu mengarah ke depan dan satunya lagi menyoroti interior yang mengarah ke dalam kabin mobil. Dengan kekuatan infrared yang dapat menjangkau hingga kursi paling belakang. Maksimal di siang dan malam hari.

Kamera depan memiliki keunggulan kualitas 4K HDR Nightvision. Mengoptimalkan data rekam pada plat nomor kendaraan di depannya. Tipe ini dilengkapi pula oleh teknologi kompresi tingkat tinggi H265. Sehingga walaupun kualitas videonya 4K namun penyimpanan di memorinya tetap kecil. Setara penyimpanan memori Full HD untuk menghemat penggunaan memori. 

Untuk menambah kenyamanan penggunaan, tipe produk ini juga telah dilengkapi dengan WiFi berkecepatan tinggi 5GHz. Berfungsi optimal ketika ingin melihat hasil rekamannya. Menariknya lagi, dengan mempelajari kebiasaan pengemudi, tipe Blackvue Dashcam ini akan melaporkan kepada pengemudi, jika mobil beresiko. 

Misalnya pengemudi mengantuk, atau tidak fokus seperti main henpon, berisiko menyebabkan kecelakaan. Dashcam ini akan mengeluarkan alarm peringatan. Tipe ini juga dilengkapi mode parkir yang cerdas yaitu Timelapse plus Buffer. Dimana kendaraan akan melakukan penghematan memori, jika tidak terjadi suatu kejadian. Dengan hanya merekam satu frame per detik (timelapse).

Baca Juga:
Harapan Mitra Isuzu Terungkap Pada Pameran GIIAS 2022

Begitu juga terjadi suatu kejadian, misalnya mobil ditabrak di area parkir, Blackvue akan merekam secara normal, dan memundurkan hasil rekaman lima detik sebelum terjadinya tabrakan (buffer), untuk melihat kejadian dengan lebih jelas. "Ketika menggunakan dashcam yang sudah terpercaya tentu memberikan kita rasa tenang ketika kita berkendara,” ucap Direktur Pemasaran Blackvue Indonesia, Rudy Ham di booth Blackvue, Jumat (12/8/2022). 

Dashcam ini kata Rudy, sangat mudah untuk instalasi. Diperkuat oleh fasilitas GPS Tracker. Dengan kombinasi lensa Sony Starvis dan teknologi image processing. Menghasilkan dashcam dengan kualitas video yang mumpuni baik siang maupun malam, di luar maupun dalam mobil. 

Untuk tipe terbaru ini, Blackvue menghadirkan fitur terbaru yaitu Seamless Pairing, yang dapat terkoneksi dengan smartphone. Karena berbagai kelebihan tersebut, maka model ini dibanderol harga lumayan, sekitar Rp11 jutaan.


(uda)