Balap Motor

Latihan Kebugaran Selama di Rumah ala Rider AHRT

Para pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) tetap disiplin latihan kebugaran selama di rumah. astra honda
Para pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) tetap disiplin latihan kebugaran selama di rumah. astra honda

Autogear.id: Fenomena wabah Covid-19 memaksa semua orang harus bisa beradaptasi dengan gaya kehidupan baru. Demi memutus rantai penyebaran virus, masyarakat kini dituntut untuk meminimalisir semua kegiatan di luar rumah. 

Bahkan, sejak Jumat (10/4/2020) kemarin, ibukota Jakarta sudah semakin ketat dalam hal membatasi pergerakan masyarakat di luar rumah dengan menerapkan program Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Rasa bosan layaknya seperti tahanan rumah sudah merupakan keluhan semua orang. Namun mau tidak mau, kita semua juga harus disiplin dalam mengikuti arahan pemerintah agar situasi krisis ini cepat berakhir. 

Ada banyak aktifitas bermanfaat yang sebenarnya tetap bisa dilakukan di rumah. Seperti yang dijalani para rider Astra Honda Racing Team (AHRT) yang saat ini tetap berlatih dan menjaga kebugaran tanpa harus keluar rumah. 

Irfan Ardiansyah misalnya, duta AHRT di kejuaraan Asia Road Racing Championship (ARRC) kelas Supersport 600 ini tetap memaksimalkan waktu untuk melatih fisik. 

”Setiap hari saya melakukan push up dan sit up 20 reps (gerakan naik turun) sebanyak 4 set. Lalu, dikombinasikan dengan plank ataupun hanging masing-masing 1 menit, selama 3 set. Terakhir, triceps dips 20 reps (menggantungkan badan dengan kekuatan lengan) sebanyak 3 set,” jelas Irfan. 

Selain latihan-latihan tersebut, Irfan juga melakukan olahraga cardio seperti lari sejauh minimal 4 km per hari. Atau, bisa diganti dengan sepeda statis selama 45 menit untuk ketahanan tubuh.

”Ini semua latihan normal dan semua orang bisa melakukannya. Tentunya dilakukan sesuai porsi dan kekuatan tubuh masing-masing. Misalnya kami para pembalap melakukan push up 20 reps sebanyak 4 set, sementara untuk yang belum terbiasa bisa dilakukan hanya 2 set. Begitu juga latihan yang lainnya,” lanjut Irfan. 

Tak hanya Irfan, aktifitas yang sama juga dilakukan oleh para rider AHRT lainnya seperti Rheza Danica Ahrens (SS 600), Lucky Hendriansya (AP 250), Herjun Atna Firdaus (AP 250), M Adenanta Putra (AP 250), Mario Suryo Aji (CEV Moto3 Junior World Championship), serta Delvintor Alfarizi yang berlaga di Kejurnas Motocross. 


(uda)