Ayah Verstappen: Hukuman untuk Hamilton Itu Konyol!

Insiden senggolan antara Max Verstappen dan Lewis Hamilton di F1 GP Inggris 2021 (Foto: Instagram F1 GP)
Insiden senggolan antara Max Verstappen dan Lewis Hamilton di F1 GP Inggris 2021 (Foto: Instagram F1 GP)

Autogear.id - Pada ajang Formula 1 (F1) GP Inggris 2021 yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, Minggu kemarin (18/7), Max Verstappen pembalap Red Bull Racing sempat mengalami kecelakaan. Lantaran mobilnya bersenggolan dengan mobil Hamilton dari tim Mercedes AMG. Imbasnya, mobil Max Verstappen kehilangan kendali, dan menabrak dinding pembatas sirkuit.

Karena insiden yang terjadi antara Verstappen dan Hamilton tadi, balapan pun harus dihentikan sementara. Disamping itu Max Verstappen gagal menyelesaikan balapan yang berlangsung. Tetapi, Hamilton justru berhasil menjadi juara di gelaran yang dilakuan di kandang Hamilton. Padahal, di sisi lain Hamilton juga sebenarnya telah mendapat penalti waktu 10 detik. Namun, dia masih bisa menang.

Menyikapi tragedi tersebut, Jos Verstappen, ayah dari Max Verstappen, menuntut F1 untuk mendiskualifikasi Lewis Hamilton dari hasil F1 GP Inggris 2021. Menurut Jos, Lewis Hamilton telah merugikan sang anak, sehingga gagal finis dalam balapan tersebut.

Jos Verstappen yang juga mantan pembalap F1 menegaskan, Hamilton tidak mungkin bisa menyalip di tikungan terjadinya insiden tersebut. “Apa yang dilakukannya tak bisa diterima. Saya pikir penalti waktu 10 detik sungguh konyol,” kata Jos seperti dikutip Telegraaf, Selasa (20/7).

Jos menambahkan, sepengetahuan dirinya, pihak F1 seharusnya mendiskualifikasi Hamilton dari balapan. “Melihat apa yang terjadi, Max (Verstappen) sudah memberikannya ruang, dan telah berada di depannya. Berarti sudah tidak mungkin dia (Hamilton) menyalip dari sisi dalam,” ujarnya.

Kejadian kecelakaan dan gagal finis nya Verstappen pada akhirnya berimbas ke klasemen sementara F1 musim 2021. Max Verstappen memang masih bertengger di puncak klasemen, dengan mengantongi 185 poin. Namun, Verstappen sekarang hanya unggul delapan angka saja di atas Hamilton. Membuat perseteruan kian kuat di antara dua pembalap F1 papan atas dunia ini.

Sebelumnya padahal Max Verstappen memiliki keunggulan lumayan jauh, yakni 32 poin ketika akan mulai melakukan balapan F1 GP Inggris 2021. Jika kejadian serupa kembali terjadi di masa mendatang, di sisa pertandingan musim 2021 ini. Maka bukan tidak mungkin Max Verstappen dari tim Honda akan diasapi oleh Lewis Hamilton asal tim Mercedes.


(acf)