Scuderia Alphatauri Lanjutkan Konsistensi Raih Poin di F1 2021

Scuderia AlphaTauri Honda di F1 GP Hungaria (Foto: Honda)
Scuderia AlphaTauri Honda di F1 GP Hungaria (Foto: Honda)

Autogear.id - Bertahan untuk selalu meraih poin di setiap balapan F1 musim 2021, sejauh ini berhasil dibuktikan oleh tim Scuderia AlphaTauri Honda. Mulai dari seri pertama di Grand Prix Bahrain hingga seri ke-11 Grand Prix Hungaria.

Memang sejak peluncuran mobil balap SAT02 pada Februari lalu, tim ini memiliki target musim 2021. Dimana tim asal Faenza, Italia ini komitmen untuk selalu berhasil meraih poin di setiap seri. Bahkan, pada seri Grand Prix F1 Azerbaijan 2021, Pierre Gasly sempat naik podium.

Terkini, pada seri balap F1 Grand Prix Hungaria,  di sirkuit Hungaroring (1/8), Scuderia AlphaTauri kembali meraih poin. Dengan kedua pembalapnya berhasil finis di posisi kelima dan keenam, serta sukses mencetak lap tercepat pada akhir balapan.

Balapan dimulai dalam kondisi basah, kemudian sempat dihentikan akibat insiden yang terjadi di tikungan pertama sesaat setelah start. Balapan dimulai kembali dengan trek yang sudah agak mengering. Membuat hampir semua pembalap putuskan masuk ke pit, di akhir formasi balapan, untuk segera mengganti ban kering.

Yuki Tsunoda, pembalap tim Scuderia AlphaTauri Honda berhasil merangsek masuk ke posisi empat. Cukup lama pembalap muda asal Jepang ini bertahan di urutan lima besar. Sampai akhirnya ia sudahi balapan di posisi keenam. Hasil terbaik sejauh ini bagi pembalap rookie tersebut, setelah sebelumnya ia mulai balapan dari posisi ke-16.

Rekan setim Tsunoda, yaitu Pierre Gasly, harus memulai lomba dari urutan kelima. Ia sempat kehilangan posisi, ketika menghindari insiden di tikungan pertama. Ia pun berupaya memperbaiki posisi, dimana ia terapkan strategi dua pit yang berbeda dari rekan setimnya. Pierre berhasil menyudahi balapan di posisi kelima, sekaligus mencetak lap tercepat, pada lap terakhir.

Gasly mengatakan, ia mulai balapan dari posisi kelima, yang mungkin merupakan posisi yang baik untuk mendapat hasil balap yang diharapkan. “Namun saya pikir, kami sudah memberikan yang terbaik, melihat apa yang terjadi di dalam balapan kali ini,” sergahnya.

Sedangkan Toyoharu Tanabe selaku manajer tim Scuderia AlphaTauri Honda mengatakan, kedua pembalapnya berhasil memberikan performa yang baik pada balapan yang berlangsung dramatis ini. 

Sementara tim Honda yang lain, yakni Red Bull Racing Honda harus berlapang dada. Ketika Max Verstappen menyudahi balapan Grand Prix Hungaria di urutan kesembilan, dengan kondisi mobil yang tidak 100 persen, akibat terlibat insiden dengan pembalap lain di awal lomba.

Apa yang terjadi, membuat tim Red Bull Racing Honda mengevaluasi hasil balap Hungaria kali ini, sebagai bahan acuan untuk seri berikutnya di Grand Prix Belgia, yang merupakan balapan pertama di paruh musim kedua F1 2021.


(acf)