Komponen Otomotif Aftermarket

Nih Jejeran Ban Lokal yang Bikin Banyak Bikers Kepincut!

Produsen ban motor tanah air kian agresif bersaing secara sehat di pasar komponen aftermarket nasional. Kingland
Produsen ban motor tanah air kian agresif bersaing secara sehat di pasar komponen aftermarket nasional. Kingland

Autogear.id – Komponen pada roda dua yang satu ini memang punya fungsi vital. Karena benda inilah satu-satunya bagian dari motor yang langsung bersentuhan dengan permukaan jalan. Ya, komponen tersebut adalah si karet bundar atau ban.

Dalam beberapa tahun belakangan, terlihat sejumlah produsen ban dalam negeri atau lokal, cukup agresif untuk mengembangkan kualitas dan desain produk mereka. Terkait memenuhi kebutuhan pasar, menyiasati persaingan, sekaligus ajang riset dan pengembangan merek.

Sejauh ini, bila diamati, ada sejumlah merek ban lokal yang lumayan diminati bikers, dan pengguna motor pada umumnya. Sehingga acapkali mendapat apresiasi dalam dunia otomotif Tanah Air. Sebut saja di antaranya :

FDR Tire
Pada awal kemunculannya, merek ini boleh dikatakan merupakan pionir untuk pengembangan ban balap asli Indonesia. Hingga pada akhirnya, mindset tim dan pebalap menjadi terbuka, untuk menggunakan produk asli indonesia pada setiap kompetisi yang ada. Sampai sekarang, terobosan ini kemudian juga diikuti produsen ban lainnya.

Baca Juga:
37 Unit Motor Listrik Ini Jadi Kendaraan Dinas ASN di Serambi Mekah

IRC Tire
Bisa dibilang sebagai merek ban yang sangat kuat posisinya di masyarakat. Karena memang telah menjadi bagian yang sulit terpisahkan dari industri motor di Indonesia. Sebagian besar merek motor di Indonesia mempercayakannya menjadi OEM. Selain itu, merek ini juga digadang-gadang ikut sempat menjadi ban balap untuk Kejurnas.

Pirelli Tire
Meski banyak yang menganggap Pirelli masih merupakan produk Italia, namun kenyataannya ban ini sudah berada di bawah naungan Astra Otoparts. Berbekal teknologi yang mereka miliki selama ini, Pirelli telah diproduksi dalam negeri. Kini kualitasnya makin diakui, serta menjadi salah satu ban pilihan pada ajang balap nasional.

Kingland Tire
Bagi sebagian pengguna motor, nama ban Kingland mungkin masih belum terlalu familiar. Walaupun sebenarnya merek ini telah cukup lama berkontribusi di dunia ban nasional, baik roda dua maupun roda empat. Tetapi, kurun waktu 10 tahun terakhir ini, merek ini dikatakan mulai fokus pada ban motor. Wajar, karena pasar motor di Indonesia memang menggiurkan, dengan jumlah yang terus tumbuh.

Memasuki tiga tahun belakangan, merek ini cukup menyita perhatian publik dan media, karena mulai mengembangkan ragam ban kompetisi, di tengah persaingan merek-merek papan atas. Mulai dari ban drag bike hingga road race. Salah satu produknya, King Vellox mulai banyak dipergunakan di kompetisi drag bike lokalan.

Baca Juga:
Shoei Rilis Z-8 dan Glamster Edisi Grafis Marc Marquez 93 Retro

Corsa Tire
Kalau bicara merek Corsa, seperti halnya FDR Tire, juga pernah didapuk menjadi ban balap nasional. Corsa merupakan satu grup besar dengan merek Achilles. Bahkan Corsa juga sempat mensponsori klub sepak bola Bali United. Hingga saat ini, walaupun sudah join dengan ban merek Michelin, namun masih tetap konsisten menyapa konsumen lewat produk-produk mereka.

Dunlop Tire
Kebanyakan para pengguna merek ban ini adalah mereka yang aktif di dunia motocross, trabasan, atau hal-hal yang berkaitan dengan motoran offroad. Dunlop dikatakan lumayan menonjol pada varian produk dirt tire nya. Ban ini cukup digemari bikers di kalangan crosser, pegiat kompetisi maupun komunitas.

Swallow Tire
Terakhir adalah ban merek Swallow. Sebenarnya merek ban ini masuk kategori brand lawas, dan kebanyakan memproduksi ban dalam untuk tube tyre. Dahulu, merek ini sering digunakan pada ban sepeda, atau roda-roda seperti gerobak dorong, becak dan lainnya.

Tetapi kini, kehadiran Swallow semakin mengikuti kebutuhan pasar, dimana sejumlah produk unggulannya adalah tipe-tipe ban yang dianggap cocok untuk karakter berkonsep Scrambler, retro, dan motor-motor koleksi. Meskipun ada pula tipe ban off road nya yang menjadi pilihan bikers komunitas trabas.

Baca Juga:
Vespa World Days di Depan Mata, Segini Harga Tiketnya

Pada akhirnya, perkembangan industri ban motor di Indonesia mampu berkontribusi positif kepada para pemakainya. Karena memberikan ragam pilihan, baik itu dari variasi merek, model kembangan, tipe kompon, ukuran hingga harga yang kompetitif.


(uda)