Isu MotoGP 2023

Tak Juara Dunia Sejak 2020, Gaji Marc Marquez Masih Tertinggi?

Marc Marquez masih jadi pembalap dengan penghasilan paling besar dari ajang balap MotoGP. MM
Marc Marquez masih jadi pembalap dengan penghasilan paling besar dari ajang balap MotoGP. MM

Autogear.id - Marc Marquez memang bisa dibilang seorang bocah ajaib sejak naik ke kelas MotoGP. Meski pembalap lain kesulitan meraih hasil kompetitif menggunakan Honda RC213V, namun pembalap asal Spanyol itu malah sanggup juara dunia sebanyak 6 kali di kelas balap MotoGP. Namun sejak 2020, Ia tak lagi tampil sebagai juara dunia lantaran cedera yang dialaminya.

Ia mengalami patah tulang lengan dan harus menjalani pemulihan intensif meski sempat mencoba turun di sirkuit. Hal itu malah membuatnya tak bisa turun sirkuit dalam waktu yang lebih lama. Namun siapa sangka, meski pemulihan kondisinya berlangsung hingga 2022, namun di beberapa seri Ia masih bisa tampil superior. 

Bagian yang lebih mencengangkan lagi adalah karena penghasilan Marquez sebagai pembalap MotoGP masih yang tertinggi dan belum terkalahkan oleh pembalap lainnya. Yaitu dengan angka sebesar 12,5 juta Euro. Bahkan oleh tiga juara dunia dalam 3 musim balap MotoGP terakhir yaitu Joan Mir yang hanya berada di urutan keempat, Fabio Quartararo di urutan ketiga dan Francesco Bagnaia di urutan kelima. 

Baca Juga:
Senjata Baru MG di Indonesia, SUV New MG HS Semi Otonom?

Pembalap yang justru tak disangka juga punya penghasilan besar dan berada di urutan kedua di bawah Marquez adalah Maverick Vinales. Pembalap tim Aprilia Racing itu mengantongi pundi-pundi keuangannya dengan 10 juta Eur sepanjang musim balap 2022 lalu. Data yang dikumpulkan oleh La Gazetta Dello Sport itu, menjadi bukti nyata bahwa Marquez masih dianggap pembalap yang terbaik saat ini. 

Berikut daftar besaran gaji pembalap di MotoGP yang dikutip dari La Gazetta Dello Sport. Daftar ini masih dalam mata uang Euro:
Marc Marquez - €12.5 juta 
Maverick Vinales - €10 juta
Fabio Quartararo - €6 juta
Joan Mir - €6 juta
Francesco Bagnaia - €5 juta
Pol Espargaro - €3.5 juta
Jack Miller, Alex Rins , Franco Morbidelli  - €3 juta
Johann Zarco - €2 juta
Alex Marquez, Jorge Martin - €1 juta
Aleix Espargaro - €750,000 
Miguel Oliveira - €625,000
Takaaki Nakagami, Brad Binder - €500,000
Enea Bastianini , Fabio di Giannantonio - €375,000
Luca Marini - €300,000
Darryn Binder, Marco Bezzecchi, Raul Fernandez, Remy Gardner - €250,000


(uda)