Isu MotoGP 2023

Isu Yamaha Rekrut Toprak Menyeruak, Morbidelli Tetap Santai

Franco Morbidelli tanggapi dengan santai isu kepindahan Toprak Razgatiouglu ke MotoGP. FM
Franco Morbidelli tanggapi dengan santai isu kepindahan Toprak Razgatiouglu ke MotoGP. FM

Autogear.id - Dalam beberapa waktu sejak Toprak Razgatiouglu memberikan titel juara dunia pertama dan konsisten tampil apik di ajang World Superbike, Yamaha akhirnya memberikan kesempatan untuk menjajal motor MotoGP. Sayangnya hasil tes privat bersama tim Yamaha MotoGP itu tak begitu kompetitif. 

Pencapaiannya tak begitu kompetitif dibanding hasil yang diraih oleh test rider Yamaha yaitu Cal Crutchlow yaitu terpaut 1 detik, bahkan jika dibandingkan dengan Dani Pedrosa masih terpaut 1,4 detik. Hasil ini membuat banyak orang jadi ragu soal keputusan Yamaha untuk merekrut pembalap asal Turki itu. 

Meski isu tentang hal ini terbilang santer di kuping pembalap Yamaha MotoGP yang merupakan rekan setim Fabio Quartararo yaitu Franco Morbidelli, namun Ia tak menyatakan tak gusar dengan hal itu. Pembalap asal Italia itu bahkan menganggap bahwa ini adalah tekanan yang Ia harus hadapi dan Ia senang dengan adanya tekanan seperti ini.

"Toprak adalah salah satu pembalap terbaik di kelasnya dan Ia sangat kompetitif. Kalau kita melihat lebih jauh 5 pembalap yang kompetitif di WSBK, mereka patut mendapat kesempatan untuk naik ke kelas MotoGP. Yamaha juga sudah memberikan tanda bahwa mereka akan melakukan tes privat dan itu sudah dilakukan. Tapi apakah ini akan jadi tantangan bagiku untuk secepatnya tampil kompetitif? Hmm, Saya suka tantangan," ujar Morbidelli. 

Baca Juga:
Ikut Anjuran Pemerintah, Mekanik Rekanan ExxonMobil Mudik Nyaman Pakai Bus

Salah satu hal yang mungkin menurut Morbidelli tak bakal membuat posisinya terancam adalah karena mantan pembalap Yamaha di era GP500, Simon Crafar, usung pendapat soal hal ini. Menurut Simon, keinginan Yamaha untuk merekrut Toprak di MotoGP, sepertinya takkan terjadi. 

"Jika melihat hasil sesi tes privat yang dilakukan oleh Yamaha bersama Toprak, hasilnya tentu masih jauh dari harapan. Mengingat Ia adalah seorang juara dunia meski di ajang balap yang berbeda. Lebih lambat 1 detik dari mantan pembalap yang kini jadi test rider di MotoGP, sepertinya agak sulit untuk dipertimbangkan. Tapi Kita lihat saja nanti seberapa besar ambisi Yamaha untuk membawa Toprak ke MotoGP."


(uda)