Motor Baru

Ducati Indonesia Boyong Streetfighter V2 dan V4 SP, Firasat Bagnaia Juara?

Boyong Ducati Streetfighter V4 SP ke pasar Indonesia, sudah jadi firasat awal Francesco Bagnaia juara dunia di MotoGP 2022? AG-Alun
Boyong Ducati Streetfighter V4 SP ke pasar Indonesia, sudah jadi firasat awal Francesco Bagnaia juara dunia di MotoGP 2022? AG-Alun

Autogear.id – Hasil kejuaraan balap bergengsi MotoGP 2022 di Valencia memutuskan, kalau pada akhirnya tim Ducati Corse dengan pebalapnya Fransesco Bagnaia (Pecco) berhak tampil sebagai Juara Dunia tahun ini. Apa yang dilakukan Ducati untuk mengembalikan titel juara dunia ke kandang mereka, selama 15 tahun terakhir, akhirnya sukses terbayarkan.
 
Unggul 23 poin dari seri Malaysia, Pecco tampil dengan performa sangat memuaskan. Menutup seri terakhir tanpa ngotot memaksakan diri harus bertarung di urutan terdepan. Bicara kemenangan tim Ducati seakan menjadi penanda bagi Ducati Indonesia, untuk segera memboyong dua varian naked seri Streetfighternya. Momen tepat untuk unjuk gigi kembali sekaligus selebrasi ke hadapan konsumen, perihal betapa ‘galak’ nya Ducati.
 
Ducati Indonesia yang kini bemitra dengan Legenda Motor Indonesia (LMI) resmi meluncurkan dua seri Streetfighter yang dibanderol dengan harga sangat tinggi. Sepertinya sangat sesuai buat para sultan pegila kecepatan dan pemacu adrenalin.
 
Motor pertama yang diboyong Ducati Indonesia adalah Streetfighter V2. Tunggangan ini digadang-gadang menyerupai Panigale, namun tanpa fairing. Didesain dengan menyematkan setang yang lebih tinggi dan lebar.

Baca Juga:
Pecco Juara Dunia, Bestia Geser Aleix, dan Manisnya Perpisahan Suzuki

 
Walaupun ditenagai mesin Superquadro V-Twin 955cc, dimana komponen tersebut sanggup menggelontorkan tenaga 153 Hp dan torsi 101,4 Nm, tetapi bobot motor ini relatif ringan, yaitu hanya 178kg. Frame utamanya paduan alumunium monocoque, dengan mesin sebagai elemen struktural. Didukung kehadiran sub rangka teralis pada bagian belakang. Ban depan menggunakan Pirelli Diablo Rosso IV, berukuran 120/70. Sementara bagian belakang ukuran 180/60.
 
Piranti suspensi depan, mengaplikasikan adjustable Showa big piston fork 43. Adapun bagian buritan menempelkan Sachs shock yang dipasang di samping. Ini dilakukan untuk menopang lengan ayun tunggal. Mengantongi rincian spesifikasi tadi, Ducati Streetfighter V2 ini dibanderol dengan harga Rp622 juta off the road. Kalau on the road nya, silahkan diperkirakan sendiri ya.
 
Streetfighter V4 SP Jatah Indonesia Cuma 5 Unit 
Selain Streetfighter V2, motor anyar yang diperkenalkan LMI di dealer baru di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan adalah adalah varian tertingginya. Tak lain adalah Ducati Streetfighter V4 SP. Motor telanjang super mewah, menggunakan velg mangnesium ditopang perlengkapan yang berorama sirkuit balapan. Sebut saja di antaranya kopling kering, kaliper Brembo Stylema, dan suspensi yang bisa diatur secara elektronik.
 
Semplakan sultan ini dijejali jantung mekanis 1.103cc, yang mampu menyemburkan power sebesar 208 Hp dan torsi 123 Nm. Bikin gemesnya lagi, motor yang memakai wings carbon fibre ini cuma 196.5 Kg. Bagian spakbor depan pun dari bahan carbon fibre. Oiya, Ducati Streetfighter V4 SP dikonsepkan dengan single seater.

Baca Juga:
Treelektrik T-70, Baru Nongol Langsung Niat Bikin Pabrik

 
Mungkin timbul pertanyaan, apa yang membuat superbike ini lebih ringan? Salah satunya adalah akinya memakai lithium ion battery. Motor ini benar-benar eksklusif, pasalnya negara seluas Indonesia hanya dapat jatah 5 unit di tahun ini.
 
“Kendati demikian, Streetfighter V4 SP ini sudah ada yang memesan kok sejak Juni lalu. Kalau Ducati Streetfighter V2 ready stock, bisa langsung dipesan,” kata CEO Ducati Indonesia, Joe Surya dalam peresmian dealer Bintaro, beberapa waktu lalu. Eits, tunggu dulu, penasaran mau tahu harga Streetfighter V4 SP? Eing-ing-eng, harganya Rp1,93 miliar off the road! Wow…!


(uda)