Komunitas Otomotif

Motoran Cari Hidden Gem Jawa Barat ala Pertamina Lubricants

Pertamina Lubricants Bikers Club ajak 11 jurnalis rasakan ketangguhan pelumas Enduro di kondisi jalan berkelok dan curam. PTPL
Pertamina Lubricants Bikers Club ajak 11 jurnalis rasakan ketangguhan pelumas Enduro di kondisi jalan berkelok dan curam. PTPL

Autogear.id - Menjelajahi ragam tempat-tempat indah dan tersembunyi di berbagai pelosok Tanah Air, menjagdi kesenangan tersendiri. Apalagi bagi yang memang hobi bertualang dan bermotor. Seperti yang dilakukan PT Pertamina Lubricants (PTPL) melalui Pertamina Lubricants Bikers Club mengajak 11 media otomotif untuk melakukan touring bersama ke wilayah Ujung Genteng, Jawa Barat pada 12-13 Oktober 2022. 

Pelepasan touring dilakukan langsung oleh Direktur Finance & Business Support PTPL Catur Dermawan pada 12 Oktober 2022. Rombongan mengawali perjalanan dari Bogor kemudian menuju Pamuruyan sebelum memasuki Kawasan Geopark Ciletuh yang berada di wilayah Sukabumi. Perjalanan diakhiri di wilayah Pantai Ujung Genteng.

"Kami sangat senang dapat bersinergi dan bersilaturahmi dengan rekan-rekan media sambil turing menikmati dan mengeksplorasi keindahan alam Jawa Barat khususnya wilayah sisi Selatan di Sukabumi. Kegiatan positif seperti ini juga merupakan wujud apresiasi kami terhadap rekan media yang sudah mendukung perjalanan PTPL selama ini," ungkap Catur Dermawan, Direktur Finance & Business Support PTPL.

Ia menambahkan bahwa kawasan Geopark Ciletuh merupakan salah satu tujuan wisata favorit bagi para bikers yang ingin touring jarak dekat. Sebelum memulai perjalanan, setiap kendaraan yang dipakai oleh peserta sudah menggunakan produk Pertamina Enduro yang merupakan produk andalan dari PTPL untuk segmen roda dua seperti varian Pertamina Enduro Matic dan Pertamina Enduro 4T. 

Baca Juga:
All New Vios Meluncur, Harga OTR Mulai dari Rp314,9 Juta

Perjalanan turing ini menguji ketahanan dan juga ketangguhan produk Enduro yang akan melewati kondisi jalan berbeda untuk sampai ke wilayah Pantai Ujung Genteng dan diestimasikan perjalanan akan memakan waktu 6 jam lebih. Tak hanya itu, rombongan juga mendapatkan dukungan dari Michelin Indonesia yang turut menyediakan ban baru untuk peserta dengan menyediakan ban Michelin City Extra untuk tipe motor matic dan juga tipe motor sport.

Penggunaan ban ini akan semakin menambah keamanan dan juga kenyamanan bagi para peserta dalam menempuh perjalanan sekitar 170 km. Ismet Humaedi, jurnalis Dapurpacu.com mengatakan, “Perjalanan riding bersama Pertamina Enduro dari Bogor Ciletuh dan Ujung Genteng ini seru karena kita melintasi trek yang cukup extrim untuk menguji endurance oli Pertamina Lubrican V Matic yang saya pakai di Yamaha NMax."

Ahmad Garuda dari media Medcom.id menambahkan bahwa oli Pertamina Lubricants yang ia pakai di motor Honda PCX membuat tenaga mesin sangat terasa dari putaran bawah, tengah, sampai atas melintasi berbagai karakter jalan yang di lalui saat perjalanan media ride ini. Di akhir perjalanan, rombongan sampai di kawasan Konservasi Penyu Ujung Genteng  yang berada di Pantai Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Ujung Genteng, Sukabumi. 

Tempat ini merupakan destinasi wisata dan wisata edukasi lain yang berada di sisi Selatan Jawa Barat dan yang menjadi wilayah untuk melepas ribuan penyu setelah dikarantina untuk kemudian dilepasliarkan kembali ke laut.


(uda)