Motor Baru

Piaggio Hadirkan Kembali Generasi Terbaru Keluarga Roda Tiga

Piaggio memberikan update terbaru untuk segmen motor beroda tiga milik mereka. PI
Piaggio memberikan update terbaru untuk segmen motor beroda tiga milik mereka. PI

Autogear.id - Piaggio Indonesia memperkenalkan Piaggio MP3 300 hpe Sport terbaru, dengan desain kompak dan sporti. Dirancang berteknologi eksklusif roda tiga Piaggio. Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega  mengatakan, Piaggio MP3 300 hpe Sport terbaru secara konsisten membuktikan komitmen berkelanjutan PT Piaggio Indonesia.

“Terutama dalam menghadirkan berbagai kendaraan canggih, solusi mobilitas perkotaan yang cerdas. Kami senang dapat memberi pengalaman berkendara terbaik, dengan cara yang paling nyaman, modis dan canggih,” ucap Marco.

Piaggio MP3 300 hpe Sport tampil menonjol, memadukan bagian depan agresif dengan bagian belakang ramping dan ringan. Kaca pelindung depan mempertahankan ciri khas keluarga skuter maxi Piaggio MP3. Bagian tengah didominasi lampu depan ganda. Lampu LED daytime running light efisiensi tinggi, memodernisasi tampilan depannya.

Karakteristik ‘dasi’ membagi lampu depan, serta menghubungkan antara grill dan kaca depan menjamin perlindungan terbaik. Berkontribusi melangsingkan tampilan depan, serta membuat unik tampilan roda depan ganda. Diperkuat pelindung lumpur (mud guard) berdesain sporti, yang dicat selaras warna bodi, serta velg roda dengan desain lima palang terpisah.

Baca Juga:
Komunitas Mobil Prancis Gelar Hajatan Lebaran Lagi

Untuk mengimbangi agresifitas bagian depan, terdapat ekor tipis dan meruncing, menampung pegangan nyaman bagi penumpang. Kemudian diakhiri susunan lampu belakang modern dan mewah, ditandai lampu parkir dan rem LED. Sama seperti MP3 sebelumnya, jok Piaggio MP3 300 hpe Sport terasa nyaman dan fungsional. Tempat duduk bertingkat dua terpisah, dibentuk sedemikian rupa. 

Untuk kenyamanan dan keamanan saat bersentuhan dengan permukaan tanah. Menjamin dukungan riding position bagi pengendara. Posisi duduk penumpang dibuat landai dan santai, berkat footboard lipat praktis. Ketika ditutup menyatu sempurna dengan fairing. Pedal sistem pengereman gabungan, di papan kaki kanan telah diposisikan ulang untuk ergonomis berkendara global.

Kompartemen di bawah jok hadir lebih lapang.  Jok memiliki pegas penahan dalam posisi terbuka. Pengait tas yang praktis dan terpisah dirancang terintegrasi dengan plat belakang pelindung kaki. Pada bagian bawah instrumen dasbor, terdapat kompartemen sarung tangan praktis. Dengan laci dan koneksi USB, ideal untuk mengisi ulang daya smartphone dan perangkat lainnya.

Hasilkan Uji Coba Riset Sebagai 300 hpe
Piaggio MP3 hpe Sport mengedepankan evolusi terbaru dari mesin Piaggio 300cc silinder tunggal, 4 stroke, 4 valve, mesin berpendingin cair dengan injeksi elektronik. Hasil dari uji coba tim riset Piaggio Group dan dikenal sebagai 300 hpe (High Performance Engine). Tenaga mesin maksimum 19 kW (25,8 HP) pada 7.750 rpm, dan torsi maksimum 26,1 Nm pada 6.250 rpm. 

Baca Juga:
All New Toyota bZ4X Meluncur di Indonesia, Harga Rp1,19 M

Mesin dikendalikan Magneti Marelli MIUG4 ECU generasi terbaru, yang menampilkan kapasitas penghitungan lebih besar. Hal ini berkontribusi meningkatkan efisiensi mesin secara keseluruhan, sekaligus memungkinkannya dihidupkan hampir seketika. Setelah hanya dua putaran poros engkol. Dengan pembaruan pada mesin, Piaggio MP3 300 hpe Sport mengadopsi sistem pengereman anti-locking ABS yang terintegrasi dengan kontrol traksi ASR (Acceleration Slip Regulation).

Perangkat ASR yang pertama kali disematkan pada skuter oleh Piaggio, dapat dengan mudah dilepas dan menjamin keamanan serta menjaga roda belakang agar tidak tergelincir pada permukaan berbahaya, seperti aspal basah. Sistem ABS tiga saluran, yang dikembangkan bekerja sama dengan perusahaan ban Continental, memaksimalkan fitur keselamatan aktif, mencegah penyumbatan roda saat mengerem dan memberikan kendali penuh pada kendaraan setiap saat.

Harga Rp300 Jutaan
Piaggio MP3 selama ini menggunakan sistem pengereman all-disc pada ketiga rodanya, dengan diameter cakram 258 mm di depan dan 240 mm di belakang. Keamanan lebih baik dan pengendaraan lebih mulus disediakan roda depan besar diameter 13 inci. 

Model ini juga menuai sukses berkat teknologi eksklusif Piaggio yang dipatenkan untuk roda depan ganda yang independen dan dapat diatur kemiringannya oleh suspensi penghubung empat batang yang unik. Mekanisme pemblokiran untuk suspensi depan, fitur yang membedakan skuter roda tiga Italia, mengubah keseimbangan Piaggio MP3 300 hpe dari dinamis menjadi statis. 

Baca Juga:
BBM Satu Harga, Cara Negara Menyatukan Keragaman di Indonesia

Nyalakan kendaraan dan tetap seimbang di tiga roda tanpa perlu penyangga (walau tetap terpasang). Untuk melanjutkan pengendaraan normal, akselerasi atau gunakan tombol tekan khusus. Piaggio MP3 300 hpe Sport tampil mencolok lewat sejumlah detil yang memiliki sentuhan akhir hitam matt. Tampilan sporti tambah eye catching, dengan pegas shock absorber depan dan belakang dicat merah. Sebuah kelir yang juga tampak pada jahitan jok yang kontras. 

Rem depan cakram dengan profil gelombang dan papan kaki dengan sisipan aluminium disertakan sebagai standar. Untuk warna, MP3 300 hpe memiliki dua skema warna, yakni Blue Oxygen dan Argento Cometa. Harga motor ini dikisaran Rp300 juta.


(uda)