Modifikasi Motor

BeAT Roro Jonggrang, Inspirasi Seribu Candi dalam Satu Malam

Honda BeAT ini usung konsep Candi Roro Jonggrang yang fenomenal dengan ceritanya. Anggara
Honda BeAT ini usung konsep Candi Roro Jonggrang yang fenomenal dengan ceritanya. Anggara

Autogear.id – Honda BeAT masih menjadi motor sejuta umat, dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Melihat BeAT milik Anggara Eka Pradana seperti kembali masa lalu. Mengapa demikian? Karena di sana terlukis sosok wanita cantik di masa itu, Roro Jonggrang. Ketika melihat motor matik ini, seolah-olah sosok Roro Jonggrang bereinkarnasi. Bangkit dari kubur, dan kembali ke masa kini. 

Sedikit mengulas kisah Roro Jonggrang, merupakan wanita yang sanggup membikin patah hati sang penguasa di daerahnya waktu itu, Bandung Bondowoso. Dia telah menipu Bandung Bondowoso, untuk membangun seribu candi hanya dalam kurun waktu satu malam.

“Sebenarnya penggarapan grafis Roro Jonggrang ini terinspirasi dari anak. Dia suka banget cerita Roro Jonggrang dan Candi Prambanan,” ujar Anggara yang juga merupakan punggawa Cosmic Stiker, Sidoarjo, Jawa Timur tersebut.

Pas kebetulannya lagi, Anggara saat itu memang sedang menyiapkan kendaraannya untuk turun dalam ajang Honda Modification Contest 2023 seri Surabaya, Jawa Timur. Alhasil, selama tiga bulan konsep dari bocah kesayangannya ini digodok matang. Selanjutnya dituangkan dalam motor BeAT lansiran tahun 2014 ini.

Baca Juga:
Viral, Balita Asal Bandung Minta Lelang Mobil Amerika Buat Bantu Palestina

Ada satu hal yang menjadi ciri khas Anggara dalam memodifikasi motor matik mungil ini, yaitu velg monoblok. Bisa dikatakan, ini menjadi menu wajib dalam mempersembahkan sajian modifikasinya. 

Sebagai gambaran, velg model ini relatif langka. Bahkan ada anggapan, hanya orang-orang tertentu yang bisa mendapatkan velg monoblok ring 12, sehingga dengan apik bertengger manis di bagian roda depan dan belakang.

Dalam penerapannya, seluruh bagian bodi BeAT ini bisa dikatakan tak lepas dari cat airbrush. Tentunya dengan tema seputar sejarah Candi Prambanan, khususnya Roro Jonggrang. Kelihatan paling mencolok dari grafis motor ini ketika pada bagian jok yang mengedepankan karakter cewek PHP Roro Jonggrang semkain tampak timbul dengan bantuan stiker.

Ketika sengaja menikmati penampilan BeAT Roro Jonggrang di bawah sorotan sinar Matahari, berulah ketahuan kalau motor ini benar-benar eye catching. Modifikasi lainnya dari motor ini sebenarnya tidak begitu frontal. Hanya sebatas aksesoris Plug n Play (PNP) diterapkan, dan pemanfaatannya telah menyesuaikan dengan regulasi Honda Contest 2023.

Baca Juga:
Bantu Palestina, Omesh Lelang Royal Enfield Kesayangannya

Sebut saja salah satunya tunggangan, dengan menggunakan sistem pengereman Cakram. Roda depan memakai PSM diapit kaliper Brembo. Mengenai baut-baut dari kendaraan dandan ini, dipercayakan kepada merek Probolt Gold. 

Sentuhan akhirnya memperlihatkan kesan mewah dan elegan dari BeAT yang satu ini. Terpancar dari kejauhan. Tetapi jangan sampai terhipnotis kecantikan sang putri Roro Jonggrang lho! Supaya jalan cerita hidupmu tak memprihatinkan seperti Bandung Bondowoso. Sampai-sampai malah mengutuk Roro Jonggrang menjadi sebuah patung.


(uda)