Modifikasi Motor

One and Only, Motor Listrik yang Bodinya Dilukis Seniman Profesional!

Custom cat di motor listrik ini pertama dilakukan. AG-Alun
Custom cat di motor listrik ini pertama dilakukan. AG-Alun

Autogear.id - Motor listrik sekarang ini banyak bertebaran dimana-mana. Namun boleh dibilang motor listrik ini menjadi one and only, satu-satunya motor listrik yang bodinya dilukis oleh seniman lukis profesional di tanah air. Ya, motor listrik merek Byxe varian Sergap yang berjenis motor trail, seluruh bodinya dilukis oleh pelukis asal Bali, Putu Bonuz Sudiana, menggunakan cat khusus. 

Hampir semua bagian bodinya dilumuri cat, kecuali shockbreaker, velg dan lampu-lampu serta spion. Putu mengusung aliran abstrak, untuk melukis motor listrik yang memiliki harga dasar sekitar Rp100 juta ini. Dikatakan Direktur Marketing Byxe Motor Indonesia, Aswan Nasution, nantinya motor yang sudah dilukis oleh Putu akan dilelang, melalui balai lelang otomotif JBA. 

"Sebelumnya kami sudah melakukan lelang untuk jenis motor listrik yang sama, namun cover bodinya ditutup plat alumunium yang telah diukir dengan corak ukiran Bali. Motor Sergap yang diukir tersebut sedang kami lelang dengan harga Rp150 jutaan," kata Aswan dalam sebuah kegiatan Art Exhibition bertajuk "Kidung Tanah Pusaka", di Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (25/8/2023),

Disampaikan Aswan, motor ini sangatlah eksklusif. Sepertinya ini satu-satunya motor listrik yang diukir, dan motor listrik yang dilukis bodinya oleh seniman profesional. "Kami juga siap menerima permintaan dari calon pembeli, yang menginginkan motornya diukir atau dilukis oleh seniman lain. Harganya menyesuaikan tentunya," aku Aswan.

Baca Juga:
All New Honda CR-V, SUV dengan Representasi Teknologi Hybrid Terbaru

Putu membalur cat khusus warna-warni, dengan menggunakan sapuan kuas. Gerakan tangannya begitu cekatan memoles cat ke permukaan bodi motor yang sebelumnya dilapis kain kanvas. Dalam obrolan santai di acara yang sama, Putu akui melukis di atas bodi motor memang memiliki tantangan tersendiri. Menurutnya, dirinya biasa melukis di atas kanvas yang direbahkan di lantai. Untuk kali ini, dia ditantang melukis di bodi motor. 

"Jelas sesuatu yang baru buat saya. Ada beberapa hal yang lumayan menjadi tantangan, terutama ketika sedang melukis, kemudian banyak orang di sekitarnya. Saya biasa mencipratkan cat dengan kuas di bodi kanvas. Tapi ketika ingin melakukannya di bodi motor ini, jadi sulit. Karena khawatir kena orang di sekitar," urainya.

Kendati begitu, Putu optimis hasil karyanya bisa selesai sekitar 1 sampai 2 hari ini. "Sepertinya saya harus menyesuaikan lagi konsep lukisan yang saya buat. Karena untuk yang pertama ini, saya merasa hasilnya kurang optimal. Jadi sepertinya akan ada koreksi pengerjaan lukisan ini, harap dimaklumi," tukasnya.

Byxe sendiri merupakan motor listrik yang diklaim sebagai karya anak bangsa. Untuk tipe Sergap ini memiliki spesifikasi menggunakan baterai tanam yang dapat dicas selama 3 jam menggunakan casan biasa, hingga baterai penuh. Sedangkan bila menggunakan fast charging, butuh waktu hanya sekitar 1,5 jam.

Motor listrik Sergap ini bisa menempuh jarak sekitar 70 sampai 80 Kilometer dalam kondisi baterai penuh. Dijelaskan Aswan, ada motor listrik tipe Sergap yang sudah digunakan oleh militer. Walaupun spesifikasinya lebih di atas tipe Sergap standar yang dipasarkan untuk umum.


(uda)