MotoGP Portugal 2023

Pecco Cetak Sejarah Pemenang Pertama Sprint Race MotoGP 2023

Francesco Bagnaia cetak sejarah kemenangan pertama di Sprint Race MotoGP Portugal 2023. FB
Francesco Bagnaia cetak sejarah kemenangan pertama di Sprint Race MotoGP Portugal 2023. FB

Autogear.id - MotoGP 2023 akhirnya mulai melangsungkan balapan perdananya di bawah regulasi baru yaitu Sprint Race pada Sabtu sore (25/3/2023). Pembalap asal Italia itu membuktikan bahwa Ia memang layak menyandang titel juara dunia. Ia meraih kemenangan setelah menyusul pembalap tim Pramac Ducati yaitu Jorge Martin di dua lap terakhir. 

Pecco mengakui bahwa balapan ini memang singkat, namun membuat Ia bisa mengetahui karakter motornya lebih baik. Apalagi karakter sirkuit yang tiupan anginnya sangat kencang seperti Portimao, membuat para pembalap punya cara sendiri-sendiri untuk bisa tampil lebih baik.

"Sangat sulit untuk meraih kemenangan karena angin di sini sangat kencang tapi saya berupaya bisa beradaptasi kondisi ini. Apalagi traksi bagian depan sedikit agak berkurang di pertengahan balapan. Tapi saya menikmati balapan ini meski lebih singkat dari biasanya," girang Pecco usai meraih kemenangan Sprint Race di MotoGP Portugal 2023.

Sementara Jorge Martin yang meraih podium kedua di sesi ini, menganggap bahwa hasil ini masih sangat menyenangkan baginya. Apalagi melihat performa Pecco yang sempurna di dua lap terakhir. Ini menyulitkannya untuk menyusul pembalap pabrikan Ducati itu. 

Baca Juga:
Phantom Syntopia, Kolaborasi Tersulit Pabrikan VS Perancang Busana

"Senang karena masih bisa meraih hasil kompetitif di balapan perdana Sprint Race ini. Dua lap terakhir Pecco sangat cepat dan saya tak bisa bertahan lebih lama di depan. Tapi ini hasil yang kompetitif dan berharap bisa tampil lebih baik besok," ujar Martin.

Sementara Marc Marquez yang awalnya tampil tak begitu optimis lantaran kalah jauh dari performa motor dengan Ducati, hanya bisa berharap agar di sesi balapan sebenarnya pada Minggu (26/3/2023) besok, bisa lebih kompetitif. 

"Saya menggunakan semua yang saya bisa dan hal tersulit adalah memperbaiki posisi ketika tersusul karena cara bawa motor yang sudah berbeda dari tahun-tahun di mana saya bisa tampil kompetitif. Tim mekanikku juga sudah menegaskan bahwa saya bisa memilih setup yang tepat untuk menyesuaikan dengan kemampuan fisik saat ini," papar Marquez. 

Sayangnya beberapa pembalap yang diharapkan bisa memberikan pertarungan ketat seperti Enea Bastiannini, Luca Marini dan rekan setim Marquez yaitu Joan Mir, justru mengakhiri balapannya lebih cepat. Ketiganya terjatuh dan tak bisa melanjutkan balapan. 

Baca Juga:
Bintang Emon dan Omesh Berbagi 3 Tips Penting jika Ingin Mudik

Tak terkecuali pembalap tuan rumah yaitu Miguel Oliviera. Padahal beberapa lap sebelum finish, Oliveira sangat mungkin meraih podium ketiga. Sayangnya Ia melebar di dua lap terakhir dan harus pasrah dengan posisi finish yang berada di luar posisi 5 besar. 

Hasil Sprint Race MotoGP 2023:
1. Francesco Bagnaia, ITA, Ducati Corse
2. Jorge Martin, SPA, Pramac Ducati
3. Marc Marquez, SPA, Repsol Honda 


(uda)