Kejuaraan Drag Bike Motor Besar 2021 Perebutkan Hadiah Motor Harley

Suasana balapan Drag Big Bike Championship (Foto: Autogear.id/Alun Segoro)
Suasana balapan Drag Big Bike Championship (Foto: Autogear.id/Alun Segoro)

Autogear.id - Masih minimnya balap trek lurus atau drag bike motor besar, dan kerinduan akan adanya kejuaraan big bike motorsport, mendorong diselenggarakannya Indonesian Drag Big Bike Championship 2021.

Tanggal pun disepakati, 20 November 2021, Indonesian Drag Big Bike Championship 2021 akan dihelat. Bambang Soesatyo, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI), secara penuh mendukung kejuaraan tersebut.

Ajang Indonesian Drag Big Bike 2021 di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, khusus motor berkubikasi mesin di atas 350 cc ini akan digelar. Ajang ini merupakan hasil kolaborasi PP IMI, IMI DKI Jakarta, Motor Besar Indonesia (MBI) dan sejumlah sponsor.

“Indonesian Drag Big Bike Championship ini diadakan demi mewadahi kerinduan akan balap motor, bagi para pelaku dan pegiat otomotif di Indonesia,” beber Putu Putera Sadana, Ketua Panitia Indonesian Drag Big Bike Championship 2021.

BACA: BOS Junior Motocross Ronde 2 dan 3 Bakal Diramaikan Kelas Veteran

Pria yang akrab dipanggil Kombes Putu ini juga berharap, kiranya giat balap ini dapat mengurangi aktivitas balap liar yang masih cukup marak. Mengingat hal tersebut berisiko membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

“Untuk olahraga balap motor, jelas ada tempatnya tersendiri. Ya di sirkuit tempatnya,” terang Putu yang juga menjabat Ketua Dewan Penasihat MBI.

embed

Menurut salah seorang hobiis otomotif tersebut, dengan dilaksanakannya ajang balap ini, diharapkan gairah olahraga otomotif nasional semakin menggelora. 

“Semoga dari ajang balap ini juga dapat bermunculan bibit-bibit atau calon-calon atlet olahraga balap nasional”, harapnya.

Satrio Nur Rachmanto, Wakil Ketua Panitia Indonesian Drag Big Bike Championship 2021, yang juga Ketua Umum MBI mengatakan, event balap ini juga ditujukan mendukung geliat ekonomi dan pariwisata, khususnya terkait sport tourism.

BACA JUGA: Vespa Rilis Varian Baru GTS Super Sport 150 i-get ABS, Ini Harganya

“Kita semua bisa saling mendukung, untuk dapat memulihkan ekonomi Indonesia. Salah satunya melalui kegiatan positif ini”, ujar Rio.

Menggunakan jalur trek di sirkuit Sentul, sesuai persyaratan balap drag race motor berkubikasi mesin besar, yaitu sepanjang 402 meter atau ¼ mil. 

Beberapa kelas dipertandingkan dalam kejuaraan yang dilaksanakan sesuai persyaratan balap drag dan prosedur safety IMI ini. Yaitu Bracket 12, Brackter 14, Bracket 16, Bracket FFA V-Twin 350 cc Up dan Bracket FFA Non V-Twin 350 cc Up.

Peserta memperebutkan hadiah trofi dan uang tunai. Juara 1 mendapat hadiah uang Rp5 juta + trofi, juara 2 Rp3 juta + trofi, juara 3 Rp2 juta + trofi, juara 4 trofi dan juara 5 trofi. Selain itu, tersedia pula hadiah utama, berupa 1 (satu) unit motor Harley-Davidson dan 1 (satu) unit motor berkubikasi kecil.


(acf)