Slide on Sunday, Fun Race Motor Custom di Tanah Rata

Keseruan Slide on Sunday, balap motor custom berkonsep fun race yang  digelar di Bumi Perkemahan Cibubur (Foto: Autogear.id/Alun Segoro)
Keseruan Slide on Sunday, balap motor custom berkonsep fun race yang digelar di Bumi Perkemahan Cibubur (Foto: Autogear.id/Alun Segoro)

Autogear.id - Kangen akan aktivitas bermotor, ratusan bikers belum lama ini ‘menyerbu’ kawasan Bumi Perkemahan (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur (12/12/21). Karena di sana berlangsung ajang fun race Slide On Sunday, atau disingkat SOS. Yakni ajang balap untuk sekadar mencari kesenangan, bukan jenjang prestasi.

Event Slide on Sunday merupakan fun race berkonsep Flat Track, alias trek tanah rata. Diikuti lebih dari 121 starter, yang datang dari seputaran Jabodetabek, Bandung, Sukabumi, bahkan Yogyakarta.

Mereka berlomba, kejar-kejaran mengendarai sejumlah motor custom dengan berbagai merek dan jenis, serta sudah dipermak menjadi motor balap. Baik itu motor ber-cc besar maupun kecil. 

embed

Kemudian para peserta beraksi di lintasan balap buatan, seluas kira-kira setengah lapangan bola. Treknya sendiri di Buperta Cibubur tersebut merupakan lintasan dadakan, paduan rumput dan tanah basah rata yang licin.

“Kita melakukan fun race, bersenang-senang, sekaligus memperebutkan gelar juara. Sebelumnya kita pernah uji coba balapan semacam ini beberapa waktu lalu di trek BOS, Pulogadung, Jakarta Timur”, ujar Yuli ‘Belo’ Hariyadi, salah satu penggagas Slide on Sunday, kepada Autogear.id di lokasi acara. 

Fun race Slide on Sunday menurutnya, merupakan wadah permainan baru, bagi para pecinta motor custom yang gemar memacu adrenalin di lintasan balap. Apalagi selama ini mungkin para pecinta balap di ranah motor custom sebatas disuguhi pameran show off, dan kumpul sesama bikers. 

embed

“Harapannya Slide on Sunday menjadi wadah kumpul bikers, sehingga lebih variatif. Terlebih selama ini kita dikungkung pandemi covid-19, yang sangat membatasai ruang gerak, aktivitas dan kreasi kita”, lanjutnya.

Sementara Adam Hadziq dari Hiro Motorcycle yang juga sebagai penggagas acara mengatakan, gelaran perdana Slide on Sunday mengajak teman-teman untuk memacu adrenalin, berbalut suasana balap yang menyenangkan. 

“Ragam motor custom karya builder ini benar-benar diuji di lintasan tanah rata, dan licin. Mulai dari kekuatan rangka, sampai mesin yang dipacu maksimal. Selain fun race, Slide On Sunday juga mengajak komunitas dan club motor ‘meet up’. Sambil meramaikan acara yang dimulai sejak pagi”, ungkapnya.

Senada dengan Adam, Galih Pratama dari Axial Garage selaku penggagas Slide on Sunday yang lain menyampaikan, ajang ini juga menyediakan sejumlah booth. Buat pelaku industri kreatif lokal, untuk memasarkan produk mereka. Mulai dari apparel sampai kuliner.

embed

Rencananya, acara ini diagendakan 3 sampai 4 seri di tahun depan. “Semoga ekosistem fun race di kalangan bikers, khususnya pecinta motor custom, bisa terbentuk. Sehingga balapan ini bisa dihelat lebih profesional lagi”, kata Belo yang juga mewakili 645 Magazine.

Balap flat track sendiri merupakan budaya bikers di Amerika, yang berkembang era 50 an. Awalnya mengandalkan motor-motor harian yang dimodifikasi, supaya bisa dibesut di lintasan tanah rata. Karenanya balapan ini sangat dekat dengan perkembangan budaya custom di seluruh dunia.


(acf)