Dakar Rally 2022 (Etape-5)

Toby Price Kena Penalti, Petrucci Menangi Etape-5

Danilo Petrucci dinyatakan sebagai pemenang etape-5 setelah Toby Price dinyatakan kena denda 6 menit. Tech3 Racing
Danilo Petrucci dinyatakan sebagai pemenang etape-5 setelah Toby Price dinyatakan kena denda 6 menit. Tech3 Racing

Autogear.id - Ambisi Danilo Petrucci untuk tetap melanjutkan balapan di Dakar Rally Arab 2022, hingga kini mulai mendapat titik terang. Meski Ia harus rela mendapatkan penalti karena motornya harus dibawa menggunakan helikopter, namun Ia mampu membuktikan performanya di etape-4 dan 5.

Pada etape-5 yang berlangsung Kamis (6/1/2022), para pereli mengitari gurun pasir di sebelah timur Riyadh dan kembali di kota yang sama untuk sisi finishnya sejauh 560 km dengan sajian 346 km etape spesial. Petrucci yang awalnya finis di posisi kedua dan berada 4 menit di belakang Toby Price, ditetapkan sebagai pemenang. 

Hal ini disebabkan Price melakukan speeding atau berkendara melampaui batas kecepatan di titik yang ditentukan di etape tersebut. Sehingga Ia terkena denda waktu sebanyak 6 menit. Posisi Petrucci yang berada di posisi kedua dengan hanya selisih 4 detik pun, langsung ditetapkan sebagai pemenang etape ini.

Ia pun langsung mengetik dengan singkat di akun instagramnya perasaannya saat ini. "Saya tak bisa berkata-kata untuk saat ini, hanya bisa merasakan kegembiraan," ungkap Petrucci.

Baca Juga:
Presiden FIA Optimis, Lewis Hamilton Takkan Keluar dari F1

Dengan kemenangan ini, Ia pun menjadi pemecah rekor pemenang pertama eks pembalap MotoGP yang mampu memenangi etape di balapan Dakar Rally Arab. Namun tentu ini menjadi awal yang baik baginya, lantaran Ia mampu beradaptasi dengan cepat di motor yang karakternya sangat jauh dari motor di MotoGP.

Jika melihat posisi finish hingga 5 pereli teratas, dengan adanya penalti 6 menit, berarti Toby Price harus rela finish di urutan kelima. Lantaran selisih 5 pereli di urutan teratas hanya 5 menit 46 detik.

Pereli yang juga cukup diuntungkan adalah Ross Branch yang merupakan pereli tim Monster Energy Yamaha Rally. Dan posisi ketiga yang harus maju posisi adalah Jose Ignacio Cornejo Florimo dari Monster Energy Honda. 

Sementara pemimpin klasemen sementara Sam Sunderland, harus rela finish di urutan ke-13 dan semakin defisit waktu lantaran rival terdekatnya di klasemen Matthias Walkner masih finish di depannya.

Hasil Dakar Rally Arab Etape-5 (motor):
1. (ITA) DANILO PETRUCCI, TECH 3 KTM FACTORY RACING, 03H 23' 46''
2. (BWA) ROSS BRANCH, MONSTER ENERGY YAMAHA RALLY TEAM, + 00H 00' 02''    
3. (CHL) JOSE IGNACIO CORNEJO FLORIMO, MONSTER ENERGY HONDA, + 00H 00' 05''

Klasemen Dakar Rally Arab (motor):
1. Sam Sunderland, KTM, 19:01:50
2. Matthias Walkner, KTM, +00:02:29
3. Adrien van Beveren, YAMAHA, +00:05:59


(uda)