Dakar Rally Etape-9 Motor

Benavides Menang Lagi, Toby Price Siap Ambil Alih Klasemen

Luciano Benavides lalui tantangan besar genangan air akibat hujan yang terjadi di Arab Saudi selama beberapa hari. DR
Luciano Benavides lalui tantangan besar genangan air akibat hujan yang terjadi di Arab Saudi selama beberapa hari. DR

Autogear.id - Pertarungan di kategori motor ajang balap Dakar Rally (DR) 2023 usai menjalani rehat sehari, kembali berlangsung seru pada Selasa (10/1/2023). Para pereli menempuh perjalanan dari Riyadh ke Haradh sejauh 686 km termasuk 358 etape spesial dengan trek yang cukup ekstrim dengan gunung-gunung pasir. 

Meski etape spesialnya tergolong pendek, namun para pereli sepertinya tak ingin menyia-nyiakan untuk bertarung ketat. Meski pendek, trek sepanjang 358 km itu punya tantangan yang sangat besar dan tak terprediksi oleh beberapa pereli. Salah satu yang kembali merasakan ganasnya lintasan di DR adalah Joan Barreda Bort. Ia kembali terjungkal dan mengakibatkan motornya mengalami rusak parah. 

Sementara pereli yang sanggup memanfaatkan waktu terbaik adalah Luciano Benavides. Meski posisinya di klasemen terpaut cukup jauh dari Skyler Howes yang memimpin klasemen yaitu sejauh lebih dari 20 menit, namun kemenangan demi kemenangan yang diraihnya membuatnya terlihat optimis. Termasuk Toby Price yang meraih posisi kedua di etape 9 tersebut. 

Baca Juga:
Wah, Bikin SIM di Kota Ini Bisa Bayar Pakai Sampah Lho!

Dengan hasil kompetitif ini, Toby memangkas jarak dari Howes yang berada di puncak klasemen jadi hanya berselisih 3 detik saja. Sementara selisih waktu finishnya dari Benavides di etape ini adalah 1 menit 2 detik. Toby mengungkapkan bahwa Ia memang tak ingin terlalu ngotot di etape ini lantaran tantangan di lintasan etape ini cukup besar. Jadi lebih bermain aman saja.

"Etape ini terbilang singkat dan saya lebih bermain aman saja. Banyak gundukan pasir yang rusak dan berpotensi membuat pereli yang melewatinya tanpa perhitungan matang bisa terjungkal. Belum lagi karakter pasirnya yang sangat lembut, membuat efek yang lebih berat saat berkendara. Yang pasti ini adalah hasil yang cukup bagus dan kami akan melanjutkannya dengan performa terbaik," papar Price.

Sementara Howes finish tepat di belakang Price yang berarti posisinya kian terancam oleh Price. Meski masih banyak hal yang bisa saja terjadi, namun peluang ini benar-benar baik buat KTM dan juga Husqvarna. 

Hasil Dakar Rally Motor Etape-9:
1. Luciano Benavides, Husqvarna Factory Racing, 3 jam 18,44 menit
2. Toby Price, Red Bull KTM Factory Racing, +1,2 menit
3. Skyler Howes, Husqvarna Factory Racing, +2,57 menit


(uda)