Dakar Rally 2022 (Etape-11)

Mobil Listrik Kian Beringas di Tangan Sainz, Attiyah Siap Sambut Juara DR2022

Carlos Sainz kembali membawa kemenangan kedua buat mobil listirk Audi RS Q e-Tron. DR
Carlos Sainz kembali membawa kemenangan kedua buat mobil listirk Audi RS Q e-Tron. DR

Autogear.id - Kesiapan tim Audi Sport untuk menyambut beragam ajang balap lintas negara selama 2022 sekaligus persiapan untuk Dakar Rally 2023, sepertinya melebihi ekspektasi. Ia kembali meraih kemenangan untuk mobil listrik Audi RS Q e-Tron atas Lucio Alvares yang menggunakan Toyota Hilux. 

Kemenangan etape-11 yang diraih Sainz ini, tentu bukan secara kebetulan, lantaran trek yang membentang sepanjang 501 km termasuk 346 km etape spesial di sisi utara Bisha pada Kamis (13/1/), cukup menyulitkan dari sisi sistem navigasi. Namun Ia kembali berhasil membuktikan perfoma terbaiknya dan ini patut menjadi pertimbangan besar bagi timnya.

"Saya menganggap ini adalah etape yang sangat sulit, karena disuguhi dengan rumput unta, perbukitan, sistem navigasi dan jalan berbatu, jadi tantangan besar. Tapi saya senang karena mampu mengakhiri etape ini dengan waktu tercepat. Persaingan di etape ini jelas sulit, karena kami saling menyusul karena kesalahan-kesalahan kecil. Tapi sejauh ini cukup menyenangkan," klaim Sainz.

Baca Juga:
Kembali ke Puncak Klasemen, Sunderland Pasang Harapan Tinggi

Pereli yang justru kian membuktikan konsistensinya adalah Mattias Ekstrom yang merupakan rekan setim Sainz. Meski baru sekali memenangi DR 2022, namun performa dan konsistensinya patut diperhitungkan. Apalagi Ia menggunakan mobil yang sama dengan para seniornya.

Kabar baik justru menghinggapi Nasser Al Attiyah menjelang etape terakhir yang akan berlangsung pada Jumat (14/1) besok. Meski masih finish di belakang Loeb di etape ini, namun selisihnya di klasemen dengan pereli asal Prancis itu masih terpaut 33 menit. 

"Menjalani etape yang sulit seperti ini, dibutuhkan ketenangan dan harus tetap fokus. Karena sangat sulit mengontrol kendaraan dan juga kondisi jika Anda tidak tenang dalam menanganinya. Tapi kini kami punya banyak pengalaman. Terpenting adalah mengatur agar kami tetap bisa keluar sebagai pemenangnya. Karena Anda tak perlu jadi pemenang setiap hari untuk jadi pimpinan di klasemen,' ujarnya.

Hasil Dakar Rally Arab 2022 (mobil):
1. (ESP) CARLOS SAINZ, TEAM AUDI SPORT, 03H 29' 32''
2. (ARG) LUCIO ALVAREZ, OVERDRIVE TOYOTA, + 00H 03' 10''    
3. (SWE) MATTIAS EKSTROM, TEAM AUDI SPORT, + 00H 03' 53''

Klasemen Dakar Rally Arab 2022 (mobil):
1. Nasser Al-Attiyah, TOYOTA, 36:49:51 (penalti 5 menit)
2. Sebastien Loeb, PRODRIVE, +00:33:19 (penalti 5 menit)
3. Yazeed Al Rajhi, TOYOTA, +01:03:43 (penalti 35 detik)


(uda)