Kompetisi Mekanik

Perdana, 47 Mekanik Repsol Indonesia Adu Skill Jadi yang Terbaik

Produsen pelumas Repsol untuk pertama kalinya menyelenggarakan Repsol Mechanic Olympic 2022 di Yogyakarta. RI
Produsen pelumas Repsol untuk pertama kalinya menyelenggarakan Repsol Mechanic Olympic 2022 di Yogyakarta. RI

Autogear.id – Peran mekanik sebagai ujung tombak dalam menghadapi pelanggan tentu sangatlah diandalkan. Karena itulah PT. Pacific Lubritama Indonesia, produsen pelumas Repsol untuk pertama kalinya menyelenggarakan Repsol Mechanic Olympic 2022 di Yogyakarta. Kegiatan kontes mekanik tersebut melibatkan 47 mekanik dari bengkel rekanan Repsol Indonesia, di area Jabodetabek, Jawa, Bali, dan Lombok. 

Head of Segment Independent Workshop Repsol Indonesia Izuddin Fitriansyah mengatakan, kontes mekanik tidak hanya untuk menambah skill kontestan. Melainkan juga sebagai salah satu cara Repsol Indonesia, dalam membangun ikatan dengan para mekanik yang merupakan garda terdepan mereka. Repsol Mechanic Olympic 2022 melibatkan para mekanik motor maupun mobil. Mendapat pelatihan teori langsung dari Head of Product and Development Repsol, Victor Gomez.
 
Dilanjutkan Practical Tranning untuk masing-masing mekanik. Khusus mekanik mobil pelatihan dipimpin pemilik PT. JPM Automotive Education Center, Junisra Syam. Sedangkan mekanik motor dilatih langsung ahli konversi energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung, Tri Yuswidjajanto Zaenuri.
 
Pada akhir sesi, semua mekanik mengikuti tes tertulis untuk menguji pengetahuan serta tingkat pemahaman mereka. “Kami tak hanya melihat nilai dari hasil post test, namun melihat juga dari bagaimana masing-masing mekanik dapat memberi solusi dari masalah yang ada, saat sesi practical tranning,” ujar Head of Marketing Repsol Indonesia, Krisnati Desiana, juga sebagai salah seorang juri.

Baca Juga:
Percepatan EV Digenjot, Bakal Bebas Biaya Parkir dan Tol Gratis

 
Sementara juri yang lain, Tri Yuswidjajanto Zaenuri mengatakan, sangat luar biasa karena pada kontes ini teman-teman mekanik dapat belajar baik secara teori maupun praktik. “Seperti tentang bagaimana mekanisme kerja di kopling, rem, transmisi, serta pemahaman mengenai memilih pelumas tertentu untuk masing-masing motor maupun mobil,” ucapnya.
 
Hasil akhir kontes memutuskan, Budi Dharma, mekanik dari Lombok berhasil keluar sebagai juara pertama, setelah mendapatkan nilai tertinggi dari tes tertulis dan praktik. “Event yang diselenggarakan Repsol Indonesia ini sangat positif. Banyak mekanik dari daerah yang akhirnya mendapat pengetahuan dan pengalaman mendalam terkait oli motor dan mobil,” jelas Budi.
 
Melihat antusiasme peserta, Repsol berencana membuat event  ini menjadi sebuah program berkelanjutan. Dapat menjangkau seluruh mekanik yang tersebar di seluruh Indonesia. “Bagi kami program ini tidak hanya untuk Repsol, namun kami berharap para mekanik dapat terus berkembang demi kemajuan otomotif Indonesia,” Krisnati Desiana.
 
Untuk 5 (lima) mekanik dengan nilai tertinggi membawa pulang hadiah utama dari Repsol Indonesia, berupa mechanic toolbox, kulkas, smartphone, smart tv, sampai motor matik.


(uda)