Pelumas Otomotif

Ekspansi Pertamina Lubricants Terus Garap Potensi Pasar Luar Negeri

Pertamina terus garap pasar pelumas luar negeri. PF
Pertamina terus garap pasar pelumas luar negeri. PF

Autogear.id – Kerja sama antara negara-negara di benua Asia dan Afrika terus digalakkan. Berdasarkan potensi yang dimiliki oleh masing-masing. Kerja sama tersebut melibatkan Pertamina Group di dalamnya. Bahkan dijelaskan, perusahaan bahan bakar minyak dan pelumas pelat merah ini telah berhasil memperkuat hubungan di antara negara-negara itu, sesuai misi yang diamanatkan Pemerintah Republik Indonesia. 

Antara lain dengan senantiasa membuka kesempatan kerja saling menguntungkan, mengingat Afrika sendiri memiliki peluang bisnis yang cocok, serta dibutuhkan oleh Pertamina Group. Misalnya saja, sebagai bagian dari BUMN dan Pertamina Group, PT Pertamina Lubricants (PTPL), selaku anak perusahaan PT Pertamina Patra Niaga, Subholding Commercial & Trading (C&T) Pertamina meneruskan misi go-internasional mereka. 

Yakni dengan membawa beragam produk pelumas yang sudah masuk standar kelas dunia. Seperti Pertamina Fastron, Enduro, Meditran hingga Mesran, kemudian memasarkannya di Afrika Selatan sejak tahun 2014. Pasalnya, menurut laporan dari Mordor Intelligence, potensi pertumbuhan industri oli di benua Afrika pun masih tinggi, dan diprediksikan akan meningkat 4 persen atau naik menjadi 1,24 miliar liter pada tahun 2026.

VP Sales Overseas Pertamina Lubricants Syafaat Jajuli menerangkan, mereka terus mengembangkan strategic partnership, dengan beberapa jaringan toko suku cadang, yang memiliki ratusan outlet di seluruh wilayah Afrika Selatan. Sekaligus membangun jaringan bengkel own-channel Pertamina Lubricants. 

Baca Juga:
Sang Ikonis Vespa GTV Melenggang Sempurna di Aspal Indonesia

“Tak hanya itu, kami juga melakukan sponsorship ke berbagai event motorsport di Killarney International Raceway, yang kerap menjadi area berlangsung kegiatan balap motocross, karting, drag race dan truck race,” jelasnya.

Lanjut Syafaat Jajuli, strategi untuk masuk di pasar Afrika merupakan bagian dari rencana jangka panjang Pertamina Lubricants, terutama dalam pengembangan pasar overseas. Salah satunya dengan membangun hubungan distributor yang kuat, melalui country distributor Indolube Pty Ltd. 

Syafaat kembali menambahkan, dengan oli berkualitas dunia, Pertamina Lubricants memiliki pengalaman, kompetensi dan kapabilitas untuk masuk dan tumbuh di 14 negara lain di dunia. Sebut saja seperti Australia, Thailand, Vietnam, Bangladesh, Jepang, Myanmar, dan banyak lagi. “Hal ini sejalan dengan komitmen Pertamina untuk terus berekspansi dan semakin go global,” pungkasnya.

Sejauh ini diketahui, PTPL bergerak dalam bidang produksi, pengolahan, pengangkutan, penyimpanan, penyaluran, dan pemasaran pelumas, grease, specialities product serta base oil dengan bahan bakunya. PTPL mengoperasikan 3 (tiga) unit produksi di Gresik, Cilacap, dan Jakarta. Ditambah 1 (satu) unit produksi di Thailand, dengan total kapasitas lebih dari 535 juta liter per tahun. 


(uda)