MotoGP COTA 2023

Rins Akhiri Paceklik Kemenangan Honda dan LCR di MotoGP COTA

Alex Rins amankan kemenangan pertama bersama Honda, sekaligus mengakhiri paceklik kemenangan Honda dan LCR Honda. AR
Alex Rins amankan kemenangan pertama bersama Honda, sekaligus mengakhiri paceklik kemenangan Honda dan LCR Honda. AR

Autogear.id - Sejak sesi Sprint Race MotoGP COTA 2023 yang berlangsung pada Sabtu (16/4/2023), Honda di tangan Alex Rins sudah menunjukkan talenta terbaik dan peluang besar untuk bertarung meraih kemenangan. Meski sejak awal Ia sulit menyusul Francesco Bagnaia, namun ketika Pecco terjatuh di pertengahan balapan, Rins tak tersusul sedikit pun.

Pembalap asal Spanyol itu pun meraih kemenangan dan fakta kemenangannya kali ini sangat mengejutkan. Lantaran Ia menjadi pembalap yang menggunakan Honda RC213V yang sanggup finish. Kemudian Ia juga menjadi pembalap pertama yang mengakhiri paceklik pencapaian Honda di MotoGP 2023. Bahkan untuk tim LCR Honda, ini menjadi kemenangan pertama dalam 5 tahun terakhir setelah Cal Crutchlow menangi MotoGP Argentina 2018 lalu. 

"Sulit untuk bicara di awal, karena Pecco sangat kuat walaupun saya mencoba segala macam cara untuk menyusulnya. Saya berupaya untuk menemukan performa terbaik dan akhirnya bisa terwujud di sini. Senang rasanya bisa meraih kemenangan di Moto3, Moto2, Suzuki dan sekarang dengan menggunakan Honda," girang Rins.

Finish di urutan kedua adalah adik Valentino Rossi yaitu Luca Marini yang mengaku lebih berhati-hati di seri ini. Ia bahkan mengatakan tak mau ambil risiko besar di awal. Mengingat Ia butuh hasil yang bagus agar bisa mengumpulkan poin banyak dan bertarung di klasemen pembalap. 

Baca Juga:
Boyong Lebih Dari 28 Merek Otomotif, Tahun Ini GIIAS Safari di 4 Kota

"Saya tak mau mengambil risiko yang besar di awal balapan dan memutuskan untuk lebih berhati-hati di awal karena tak ingin melakukan kesalahan, apalagi ketika Jack Miller menyusulku dengan agresif, Saya mencari cara agar tetap bisa balapan dengan baik. Sayangnya, kesempatan menyusul ada dan berpikir untuk mengejar. Saat Pecco terjatuh, Saya berpikir untuk bisa mengejar, tapi Rins terlalu kuat, apalagi Honda memiliki sejarah kemenangan kuat di sini. Jadi podium kedua rasanya memuaskan," papar Marini. 

Bukan hanya dua posisi teratas yang merupakan wajah baru di balapan utama MotoGP 2023, kembalinya Fabio Quartararo di podium ketiga, juga menjadikan podium MotoGP COTA lebih beragam. Lantaran diisi oleh wajah yang belum pernah nongol sejak awal MotoGP 2023 dimulai. 

"Jujur saja, balapan ini sangat sulit, Yamaha kehilangan di zona akselerasi dan top speed. Saya tahu ketika di lap pertama bisa kehilangan momentum, maka akan sulit menyusul ke urutan terdepan dan juga tak mungkin meraih posisi podium. Makanya saya berupaya untuk tetap berada di urutan depan dan tak kehilangan pandangan dari pemimpin balapan," ujar Quartararo.

Sementara pembalap lain yang diharapkan bisa meraih hasil bagus seperti Jack Miller, justru mengalami kecelakaan sendiri. Ia terjatuh lantaran kehilangan grip di bagian depan. Tim Red Bull KTM bahkan tak memiliki pembalap yang mengisi garis finish setelah Brad Binder pun ikutan tergelosor ke tepi lintasan. 

Hasil MotoGP COTA 2023:
1. Alex Rins, SPA, LCR Honda
2. Luca Marini, ITA, VR46 Ducati
3. Fabio Quartararo, FRA, Yamaha MotoGP


(uda)