Modifikasi Mobil

Jreeng, Pertarungan Modifikasi Brio Virtual Balap Liar Dimulai!

Brio Virtual Modification sepertinya bakal jadi program rutin Honda mobil mengingat animo peserta cukup besar dari event ini. IMX
Brio Virtual Modification sepertinya bakal jadi program rutin Honda mobil mengingat animo peserta cukup besar dari event ini. IMX

Autogear.id – Terinspirasi dari Brio Virtual Modification (ViMod) Wish, pada 19 April hingga 12 Mei 2022. Dari 86 pengguna Brio yang ikut di dalamnya, dominan mereview dan meminta modifikasi Brio virtual kembali diadakan. Serta kebanyakan berharap tema yang diangkat pada kompetisi virtual ini mengarah pada Street Race, balap jalanan, yang kalau di Indonesia lebih dikenal dengan Balap Liar.

Akhirnya PT Honda Prospect Motor (HPM) putuskan kontes modifikasi ini kembali digelar. Kompetisi modifikasi virtual model mobil yang diklaim Honda lagi laku-lakunya di pasaran ini, merupakan ke-4 kalinya diselenggarakan.

Terbuka untuk umum, dengan periode pengiriman desain modifikasi dalam format digital dimulai 18 Mei hingga hingga 24 Juli. Adapun pengumuman pemenang top 20, top 10 dan top 3 dilakukan melalui akun instagram @hondaisme, sekitar pertengahan Agustus 2022.

Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, Yusak Billy mengatakan, modifikasi virtual masih terus menjadi tren yang banyak diminati. “Kompetisi Brio Virtual Modification ini juga sebagai wujud kami, dalam mewadahi para modifikator, untuk mengembangkan kreativitasnya,” ucapnya dalam media gathering virtual, Rabu (18/5/2022).

Baca Juga:
Charles Leclerc Hancurkan Mobil Bersejarah Ferrari 312B3 di Monako

Total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp60 juta, terbagi menjadi pemenang 1, 2, 3, kategori Decal terbaik dan pemenang favorit melalui media sosial. Seluruh karya peserta akan dipilih tim juri, yang merupakan 3 orang berpengalaman dalam dunia modifikasi dan karya digital.

Dari seluruh karya yang masuk, akan dipilih 20 karya yang berkesempatan menjadi pemenang. Juara pertama akan mendapat hadiah uang tunai Rp15 juta, juara kedua Rp10 juta, dan juara ketiga Rp7 juta. Sedangkan untuk kategori best Decal akan mendapat Rp3 juta, serta kategori pemenang favorit lewat media sosial sebesar Rp3 juta. Kontestan terbaik top 20, masing-masing akan membawa pulang Rp1 juta.

Sejak kontes ini mulai dihelat pada tahun 2018, dikatakan jumlah pesertanya selalu melewati target. Bahkan pada 2020, lagi panas-panasnya kondisi pandemi covid-19, kontes modifikasi ini tetap dibanjiri peserta, kendati pelaksanaannya dilakukan secara online.

“Memang peserta pada setiap event ini diselenggarakan jumlahnya selalu over target. Tahun 2018 target 500 pesertanya 562, begitu seterusnya. Bahkan pada 2020, ketika dilakukan secara online, target 700 pesertanya 789. Akhirnya, kami berkesimpulan kali ini kami berani menargetkan 900 peserta,” ucap Communications Strategy Senior Manager HPM, Adhi Parama Sugarda.

Baca Juga:
Menggiurkan, Toko Komponen Otomotif Ini Rambah Pasar Fleet

Brio ViMod kali ini akan memberlakukan konsep modifikasi 1 : 1. Penilaian akan dilakukan berdasarkan karakter desain dari tema yang sangat mempengaruhi penampilan eksterior. Dewan juri juga akan menilai tingkat detail dan proporsional grafis, kaki-kaki serta body kit yang digunakan. Adapun untuk interior dan engine tidak masuk dalam penilaian.

“Para peserta kontes bebas mengirimkan karya sebanyak-banyaknya. Namun tetap yang terpilih adalah salah satu karya saja,” jelas Creative Director National Modificator & Aftermarket Association (NMAA), Tomi Gunawan yang menjadi salah seorang juri.


(uda)