Asia Road Racing Championship 2022

Dua kali Menang di ARRC Thailand, Andi Gilang Juara Asia SS600

Andi Gilang cetak sejarah baru di ajang balap Asia Road Racing Championship (ARRC) 2022, Ia jadi pembalap pertama yang menjualan kelas Supersport 600. AHM
Andi Gilang cetak sejarah baru di ajang balap Asia Road Racing Championship (ARRC) 2022, Ia jadi pembalap pertama yang menjualan kelas Supersport 600. AHM

Autogear.id – Mantan pembalap Moto2 yang akhirnya tampil di kelas Supersport 600 ajang balap Asia Road Racing Championship (ARRC) 2022, tampil heroik di seri pamungkas ajang balap motor lebih Asia itu. Pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) menuntaskan balapan di Chang International Circuit, Buriram, Thailand dengan dua kemenangan sekaligus.

Balapan yang berlangsung Sabtu-Minggu 19-20 November itu bahkan jadi sejarah besar Indonesia di ajang balap Supersport 600 ARRC, lantaran belum ada pembalap Indonesia yang sanggup memenangi kelas ini sebelumnya. Gelar juara kelas SS600 menjadi prestasi membanggakan hasil pembinaan pembalap muda Indonesia yang dimulai sejak Astra Honda Racing School hingga mengaspal di berbagai ajang balap. 

Berbekal pengalaman tampil di GP World Championship (Moto2 dan Moto3) yang kompetitif, titel tertinggi yang diraih Andi pada ARRC ini sekaligus menjadi penegas kemampuan dirinya yang mumpuni di lintasan balap internasional. Gelar ini juga menjadi sejarah untuk Astra Honda Racing Team yang mampu merebut juara di kelas bergengsi ARRC.

Andi Gilang bersama Honda CBR600RR, benar-benar menunjukkan taringnya pada seri terakhir ARRC. Pada balapan pertama Sabtu (19/11), pebalap asal Bulukumba, Sulawesi Selatan, itu tampil sangat impresif. Start dari posisi kedua, dirinya sempat melorot ke beberapa posisi. Namun di pertengahan balap, dirinya berhasil merangsek semakin ke depan, mampu mengatasi perlawanan para pesaing dan menduduki podium teratas.

Baca Juga:
Pembalap Astra Honda Dominasi Podium ARRC Thailand

Pada balapan kedua Minggu (20/11), Andi masih konsisten tampil apik. Sadar tertinggal 14 poin dari pimpinan klasemen, dia harus merebut kembali podium teratas dan merebut 25 poin lagi. Upaya itu berhasil, tampil di atas trek basah dan licin, Andi bertahan hingga lap terakhir saat dirinya harus disalip oleh pebalap Thailand. Pengalaman berbicara, Andi mampu mengambil lagi posisi terdepan dan mengamankan race kedua dengan kemenangan, mengumandangkan Indonesia Raya sekali lagi, sekaligus memastikan gelar juara.

Kemenangan ini begitu dramatis, karena dengan hasil race terakhir, perolehan poin Andi Gilang menyamai pimpinan klasemen sebelumnya. Namun Andi dinyatakan sebagai kampiun kelas SS600 karena mengoleksi kemenangan lomba lebih banyak.

”Balapan yang sangat luar biasa. Saya mencoba mengatur irama dengan baik, menjaga fokus agar tidak melakukan kesalahan. Bahkan sampai lap terakhir saat saya kehilangan posisi pertama, saya tetap berusaha untuk tenang dan mencoba mengambil kesempatan yang ada. Akhirnya, di tikungan terakhir saya bisa kembali mengambil alih posisi dengan baik dan finish pertama. Double winner dan penentuan juara Asia ini adalah momen terbaik dalam karier balapan saya,” kata Andy usai balapan.

General Manager Marketing Planning & Analysis AHM, Andy Wijaya, mengatakan perjuangan dan prestasi para pebalap binaan mencerminkan betapa serius perusahaan melakukan pembinaan berjenjang bagi para pebalap, demi mengharumkan nama Bangsa Indonesia di kancah internasional.

Baca Juga:
Waspadai Jamur dan Karat yang Bikin Tampilan Mobil Kurang Oke

”Selamat untuk para pebalap di kelas SS600 dan AP250, terutama Andi Gilang dengan gelar juara SS600-nya. Hal ini menjadi pelecut semangat kami untuk terus konsisten membina dan mengorbitkan bibit-bibit pebalap berbakat, dan mengantarkan mereka hingga ajang tertinggi balap dunia. Terima kasih atas dukungan seluruh tim dan masyarakat Indonesia, kami tidak akan berhenti dan terus mengejar mimpi dengan prestasi,” ujar Andy.


(uda)