Pameran Otomotif GIIAS 2022

Performa dan Harga Motor Listrik Alva One Bikin Ketar-Ketir PCX dan NMax?

Alva bikin ketar-ketir pabrikan besar motor di Indonesia? Kita lihat saja. AG - Alun
Alva bikin ketar-ketir pabrikan besar motor di Indonesia? Kita lihat saja. AG - Alun

Autogear.id – Ketika mengunjungi pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung di ICE, BSD, Tangerang, pengunjung akan sedikit dibuat terkejut dan timbul tanda tanya. Pasalnya di salah satu area pameran, tepatnya di Hall 3A, yang dikelilingi begitu banyak booth peserta dari berbagai merek mobil. Tiba-tiba tampak terselip booth sebuah merek motor, yang berukuran lumayan besar. Tak kalah dengan aneka booth roda empat di sekelilingnya.

Booth motor tersebut bertuliskan Alva, yang selidik punya selidik ternyata merupakan nama merek pendatang baru di industri kendaraan listrik. Dalam hal ini motor listrik. Berada di bawah payung Ilectra Motor Group (IMG), mereka memperkenalkan merek motor listrik Alva dengan produk pertamanya Alva One kepada konsumen Indonesia. 

Adapun Alva One sendiri untuk pertama kalinya diperkenalkan pada publik Kamis (11/8/2022), di acara GIIAS 2022, dengan mengusung tagline ‘Change the Game’. Presiden Direktur PT Ilectra Motor Group (IMG) Purbaja Pantja mengatakan, mereka melihat potensi yang besar mengenai perkembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Apalagi sejalan dengan fokus GIIAS 2022, dalam mengedepankan teknologi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Oleh karena itu, lanjut Purbaja, IMG turut mengambil peran dengan menjadikan momentum GIIAS 2022 untuk memperkenalkan merek Alva dan produk pertama mereka Alva One.

Baca Juga:
Suzuki Perkenalkan Duet City Car Terbaru, S-Presso dan Baleno

“Kehadiran Alva dalam industri kendaraan roda dua berbasis listrik bukan hanya sekadar menghadirkan produk motor listrik saja. Melainkan menghadirkan lifestyle mobility solution, dengan menghadirkan aplikasi yang terhubung dengan motornya,” tambahnya.

Melihat sekilas tampilannya, Alva One nyaris mendekati bentuk bodi Honda PCX. Secara performa, motor listrik ini dibekali tiga mode berkendara; Eco, Cruise, dan e-Sport. Setiap modenya menawarkan tingkat kecepatan tersendiri sesuai diinginkan. Dengan masing-masing kecepatan maksimum 43 km/jam, 70 km/jam, dan mode e-Sport dengan kecepatan hingga 90 km/jam. 

Dibekali torsi 46,5 Nm dan kecepatan yang tinggi, dikatakan pihak IMG, motor ini dapat menjangkau jarak tempuh sejauh 70 km. Kendaraan tersebut dilengkapi lampu LED di bagian depan dan belakang, untuk mengoptimalkan pencahayaan dan tahan lama. Adanya air intake di sisi motor, membuatnya telihat lebih masa kini.

Menghadirkan perubahan, dengan gaya hidup yang tak lepas dari penggunaan smartphone. Alva One tidak hanya menghadirkan motor, tapi juga konektivitas dengan aplikasi. Perangkat aplikasi tersebut  bisa digunakan untuk menyalakan dan mematikan motor dari smartphone, bike sharing access, GPS locator & tracker, Alva Roadside Assistance, Alva Experience Center Locator, hingga bisa melihat Monthly Saving Estimator.

Baca Juga:
Getarkan Event GIIAS 2022, Fuso Boyong Empat Jagoannya

Alva One menghadirkan lima opsi warna yakni putih (Halo White), hitam (Supernova Black), biru turquoise (Edgy Turquoise), biru (Casual Blue), dan merah (Indie Red). Dibanderol dengan harga sekitar Rp34 jutaan, motor listrik ini lumayan buat membayang-bayangi skutik gambot konvensional sekelas Honda PCX 160 dan Yamaha NMax 155. 


(uda)