MotoGP Australia 2022

Rins & Pecco Bahagia di Atas Penderitaan Quartararo di MotoGP Autralia

Alex Rins raih kemenangan fenomenal untuk Suzuki MotoGP setelah melalui pertarungan ketat di Sirkuit Phillip Island, Australia. AR
Alex Rins raih kemenangan fenomenal untuk Suzuki MotoGP setelah melalui pertarungan ketat di Sirkuit Phillip Island, Australia. AR

Autogear.id - Terakhir kali MotoGP Australia digelar pada 2019, aksi salip-salipan benar-benar membuat balapan lebih hidup. Namun kembalinya MotoGP ke Sirkuit Phillip Island pada Minggu (16/10/2022) itu membuat para penonton tak berhenti merasa tegang. Lantara aksi salip-menyalip antar pembalap benar-benar terjadi dari awal balapan hingga mendekati garis finis. 

Beberapa pembalap yang berharap hasil bagus seperti Francesco Bagnaia alias Pecco, Marc Marquez dan pembalap lain seperti Alex Rins justru sanggup mewujudkannya. Alex Rins meraih kemenangan, kemudian disusul oleh penampilan apik Marc Marquez di urutan kedua sekaligus podium ke-100 dalam karir balapnya di MotoGP pasca cedera panjang yang menimpanya. 

"Saya tak menyangka bisa bertarung di urutan terdepan dan bisa meraih kemenangan ini. Tapi setidaknya ini adalah persembahan yang bagus sebelum mengucapkan kata perpisahan buat tim Suzuki. Ini juga menjadi bukti bahwa kami tetap bisa bertarung di urutan terdepan dan bekerja keras mewujudkan target meski tahun depan tak lagi bersama di kelas balap ini," ujar Rins.

Berbeda dengan pembalap lain yang memilih kompon ban keras atau medium di bagian belakang, Marquez justru memilih ban berkompon lunak meski risikonya bakal mengalami degradasi yang cukup signifikan di pertengahan balap. Namun Ia justru tampil lebih konsisten meski menggunakan kompon ban itu.

Baca Juga:
Jorge Martin Pecah Rekor Waktu Tercepat di QTT MotoGP Australia

"Menyenangkan rasanya meraih podium ke-100 di momentum kembalinya MotoGP ke Australia. Kalau soal pilihan ban kompon lunak, memang hanya ini pilihan yang paling masuk akal menurutku. Mengingat saya bisa kompetitif dengan kompon ini dan rasanya degradasi ban juga tak begitu signifikan dan yah senang rasanya bisa bertarung untuk meraih kemenagan lagi," girang Marquez.

Sementara Pecco yang awalnya berharap bisa bertarung untuk meraih hasil bagus dan menggali poin yang lebih banyak dari Fabio Quartararo, justru bisa dibilang panen kali ini. Tentu ketiga pembalap yang meraih hasil bagus di MotoGP Australia ini lebih dari kata pantas untuk mendapatkan hasil bagus itu.  

"Ketika saya melihat pitboard bahwa Fabio Quartararo keluar dari balapan, ini membuatku sedikit agar tenang. Saya tetap berupaya meraih hasil terbaik yaitu kemenangan, tapi kalaupun tidak menang, podium saja sudah cukup dan kami bisa memimpin klasemen sementara dengan harapan bisa meraih hasil bagus di Sepang, Malaysia," optimisnya.

Sementara Jorge Martin yang mengawali balapan dari posisi start terdepan, justru tak dapat mempertahankan posisinya sejak pertengahan balapan hingga berakhir. Pembalap lain yang meraih hasil bagus di seri ini adalah Marco Bezzecchi yang akhirnya mengamankan posisi sebagai pembalap Rookie of The Year. Ia mengalahkan pembalap lain yang punya seperti duo pembalap tim Tech3 Racing. 

Hasil MotoGP Australia 2022:
1. Alex Rins, SPA, Suzuki MotoGP
2. Marc Marquez, SPA, Repsol Honda
3. Francesco Bagnaia, ITA, Ducati Corse


(uda)