MotoGP Inggris 2022

Bagnaia Hidupkan Peluang Berebut Titel Usai Menangi MotoGP Inggris

Francesco Bagnaia kembali hidupkan peluang bertarung meraih titel juara dunia di MotoGP. FB
Francesco Bagnaia kembali hidupkan peluang bertarung meraih titel juara dunia di MotoGP. FB

Autogear.id - Francesco Bagnaia kembali membuka peluangnya untuk berebut titel juara dunia setelah meraih kemenangan fantastisnya di seri pembuka MotoGP paruh kedua musim 2022. Seri pertama yang dilakoni para pembalap usai menjalani libur pertengahan musim ini, rupanya menjadi penyemangat tersendiri baginya dan tim Ducati Corse. Ia sanggup meraih kemenangan padahal posisi startnya cukup jauh di urutan 9.

Pembalap yang akrab disapa dengan Pecco itu pun menegaskan bahwa hari ini rencananya berjalan dengan baik. Meski tak begitu yakin bisa bertarung meraih kemenangan setelah menjalani 4 sesi latihan bebas dan kualifikasi, namun ternyata performanya berkata lain. Ia malah tampil cukup percaya diri dengan performa motor yang konstan. 

"Tidak menyangka kami bisa bertarung dengan hasil bagus seperti ini, setidaknya membuka kembali peluang kami untuk mengejar ketertinggalan di klasemen. Tapi ini menjadi catatan penting, mengingat performa motor ternyata lebih baik di sesi balapan. Pemilihan kompon ban juga tak terlepas dari faktor penentu kemenangan kali ini," ujar Pecco di parc ferme usai meraih kemenangannya di Sirkuit Silverstone, Inggris pada Minggu (7/8/2022).

Pembalap yang juga tampil sempurna adalah Maverick Vinales. Mengawali balapan dari grid start kedua, Ia sempat melorot karena mengawali balapan kurang baik. Namun perlahan Ia kembali dan justru mampu tampil kompetitif di akhir balapan. Sayanngya, kesalahan yang Ia lakukan di lap terakhir di beberapa tikungan, membuat posisinya jadi melebar. Padahal sudah sempat menyusul Pecco di dua lap tearkhir.

Baca Juga:
Zarco Curi Pole, Espargaro jadi Omongan Usai Kualifikasi MotoGP Inggris

"Memang kesalahan sejak awal karena saya mengawali balapan kurang baik. Namun setelah menjalani balapan, kami berhasil memperbaiki posisi dan akhirnya kembali ke urutan kedua. Padahal ada kesempatan untuk meraih kemenangan," kisah Vinales yang akhirnya memberikan performa terbaiknya bersama tim Aprilia Racing.

Jack Miller yang juga mengawali balapan dari posisi ketiga, mengakhiri balapan dengan posisi yang sama. Ia menggunakan ban kompon lunak di bagian depan sehingga membuatnya tak bisa bertarung lebih lama. MIller menegaskan bahwa beberapa lap terakhir, Ia berupaya membelokkan motor dengan cara rear wheel steering. Mengingat ban depan tak memiliki grip yang cukup lagi.

Sang pemimpin klasemen yaitu Fabo Quartararo kali ini kurang beruntung lantaran harus menjalani long lap penalti. Beruntung Ia masih mampu mengamankan posisinya di depan Alex Espargaro yang finish tepat di belakangnya dan menjaga posisinya di klasemen pembalap. 

Pembalap yang juga tampil kompetitif adalah Enea Bastiannini yang melesat dari posisi 8 ke posisi keempat. Tentu ini tak lepas dari skill terbaiknya mengatur penggunaan ban agar tak begitu boros. Dan itu terbukti di beberapa lap terakhir Ia sanggup menyusul beberapa rivalnya dengan performa terbaik.

Hasil MotoGP Inggris 2022:
1. Francesco Bagnaia, ITA, Ducati Corse
2. Maverick Vinales, SPA, Aprilia Racing
3. Jack Miller, AUS, Ducati Corse


(uda)