Pameran Otomotif

Boyong Lebih Dari 28 Merek Otomotif, Tahun Ini GIIAS Safari di 4 Kota

Jelang penyelenggaraan GIIAS 2023, GAIKINDO siap boyong semua anggotanya untuk ikut pameran otomotif. SE
Jelang penyelenggaraan GIIAS 2023, GAIKINDO siap boyong semua anggotanya untuk ikut pameran otomotif. SE

Autogear.id – Bicara perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), ajang pameran otomotif ini selalu tampil dengan kemasan yang menarik dan berbeda. Terlebih lagi berdasarkan data Gaikindo tahun ini, dimana industri otomotif Indonesia terus berkembang dan menguat. 

Menyambung momentum positif yang dicapai industri otomotif tersebut, Gaikindo mencoba memperluas cakupan penyelenggaraan pameran GIIAS The Series 2023. Sebagai rangkaian event berkelas yang berkesinambungan. Tahun ini pameran otomotif berskala internasional tersebut lebih fokus di Pulau Jawa, dan bakal berlangsung di empat kota. 

Dimulai dengan penyelenggaraan di BSD City, Tangerang, yang mencakup wilayah Jabodetabek. Kemudian dilanjutkan penyelenggaraan di Surabaya, Semarang, dan Bandung. Menurut Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, pameran otomotif tersebut telah menjadi ajang penting. Baik untuk mendorong produktivitas industri otomotif nasional, maupun mengedukasi dan membuka pandangan publik nasional terhadap kemajuan teknologi otomotif. 

“Sebagai pameran berskala internasional, GIIAS adalah ajang untuk meluncurkan model dan teknologi kendaraan terbaru. Event yang dapat menjadi magnet dan mengedukasi publik tanah air. Sekaligus menunjukkan kekuatan industri otomotif nasional kepada global,” ujar Nangoi.

Baca Juga:
Jangan Asal Upgrade ke Bi-LED Projector, Perhatikan Detailnya!

Menuju GIIAS The Series 2023
Maret lalu setelah resmi diperkenalkan, GIIAS 2023 The Series dikatakan akan melibatkan para peserta dari berbagai lini industri otomotif Indonesia. Mulai dari para agen pemegang merek (APM) kendaraan penumpang, komersial, motor, karoseri, serta peserta dari industri pendukung. Lebih dari 28 merek dipastikan ikut serta di dalamya. Dimana di dalamnya terdiri dari beberapa merek baru, juga merek dari industri otomotif yang kembali memasuki pasar Indonesia.

Mengusung tema Future Now, kegiatan otomotif bergengsi ini dapat menjadi representasi masa depan industri otomotif. Ditopang hadirnya ragam kendaraan yang semakin berorientasi pada bersih dan ramah lingkungan, lebih aman dan nyaman serta sangat efisien dalam penggunaan energi. Dikatakan Nangoi, pameran otomotif yang diinisiasi Gaikindo tersebut akan memperdalam edukasi tentang elektrifikasi dan digitalisasi. Solusi bagi mobilitas publik di masa mendatang. 

Sementara itu, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara pameran GIIAS, Rizwan Alamsjah, mengungkapkan besarnya optimisme para peserta terhadap pelaksanaan ajang tersebut. “Seperti pada setiap penyelenggaraan GIIAS, para peserta selalu mengoptimalkan kehadirannya. Tahun ini khususnya, akan ada beberapa pembaharuan,” ungkap Rizwan. Hal itu demi mengakomodir permintaan, jumlah kenaikan dan kebutuhan para peserta.

Ditambahkannya, kenaikan jumlah peserta dan persentase besaran area yang mereka ambil, pada pameran di Tangerang, Surabaya, Semarang dan Bandung ini terlihat signifikan. “Akan lebih besar dibandingkan penyelenggaraan sebelum pandemi. Artinya GIIAS 2023 akan berlangsung semarak dengan berbagai inovasi otomotif baru,” tuturnya.

Baca Juga:
Wajib Paham Ini jika Ingin Upgrade Lampu HID ke Bi-LED Projector

Lanjut Rizwan, tahun lalu kegiatan otomotif tersebut membangun pengetahuan tentang kelebihan kendaraan bermotor berbasis baterai, yang tidak memiliki polusi udara dan suara. “Tahun ini kami kembali edukasi dan persembahkan pengalaman langsung. Terkait kekuatan dari kendaraan listrik di area khusus, yang pastinya berbeda dari tahun lalu,” paparnya.

Launching 250 Produk, 9 World Premiere  
Sepanjang pelaksanaannya pada 2015-2022, ajang telah menjadi tuan rumah bagi lebih dari 250 perkenalan produk kendaraan. Malah 9 di antaranya adalah world premiere. Dalam kesempatan pameran ini, menjadi pertimbangan APM untuk menghadirkan lebih dari 60 mobil konsep, yang kemudian diperkenalkan kepada pengunjung.

Berikut ini jadwal GIIAS The Series 2023 yang akan berlangsung pada empat kota strategis Indonesia, yaitu Tangerang (10-20/8), ICE - BSD City. Bergeser ke Surabaya (20-24/9), di Grand City Convex. Kemudian di Semarang (18-22/10), di Marina Convention Center. Terakhir, sebagai pendatang baru, Kota Bandung (22-26/11), di Sudirman Grand Ballroom.


(uda)