Jelang Mudik Lebaran 2022

3 Cara Mudik Aman ala Daihatsu

Daihatsu punya cara sendiri agar penggunanya aman dan nyaman saat melakukan aktifitas mudik. ADM
Daihatsu punya cara sendiri agar penggunanya aman dan nyaman saat melakukan aktifitas mudik. ADM

Autogear.id – Persiapan merayakan momen libur Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443 H, selama ini aktivitas mudik menjadi tradisi tersendiri bagi sebagian besar masyarakat. Untuk mengunjungi sanak keluarga, dan saudara di kampung halaman. Ditambah lagi, dua tahun kemarin tradisi ini seakan hilang ditelan bumi, lantaran pandemi yang berlangsung di muka Bumi. Membuat mudik tahun ini seakan begitu istimewa, dan harus dilakukan apapun yang terjadi.

Beragam cara dan sarana transportasi dapat dipilih masyarakat, demi menuju kampung halaman agar bisa berlebaran bersama handai taulan. Salah satunya tentu dengan kendaraan pribadi, khususnya menggunakan mobil Daihatsu. Mengklaim diri sebagai sahabat masyarakat Indonesia, Daihatsu didukung ban GT Radial kiranya ingin terus mendekatkan diri kepada pelanggan. Salah satunya adalah dengan berbagi kiat mudik aman ala Daihatsu.

Lewat acara bertajuk ’Ngobrol Asik Safety Driving Untuk Mudik’, Daihatsu menyampaikan tiga poin penting yang hendaknya dapat menjadi perhatian masyarakat, yang ingin melakukan Mudik dan Balik Lebaran 2022 ini.

“Daihatsu ingin terus mendekatkan diri kepada pelanggan dengan membantu  memberi support melalui sharing tips mudik aman agar perjalanan pulang ke kampung halaman jadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan”, ujar Head People Development Department – Customer Satisfaction & Value Chain PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Ben Faqih, dalam keterangannya, Rabu (20/4/2022).

Baca Juga:
Motor Balap Listrik Ducati V21L, Mulai Diuji Intensif di Sirkuit

Mengundang Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, Daihatsu berbagi tips persiapan mudik, mulai dari Persiapan Kendaraan, Persiapan diri, dan Persiapan Selama Berkendara. Mengenai persiapan kendaraan, dikatakan Sony, pastikan dalam kondisi prima dan telah melakukan servis rutin. Sahabat hendaknya juga dapat melakukan pengecekan beberapa komponen.

Seperti pengecekan kondisi ban dan tekanan angin, fungsi lampu-lampu, AC, air radiator, dan minyak rem. Hingga perlengkapan darurat seperti tool kit, dongkrak, ban cadangan, serta kotak P3K. “Termasuk susun muatan di dalam kabin secara aman, agar tidak menghalangi visibilitas pengemudi ketika berkendara,” kata Sony.

Kemudian persiapan diri, memastikan kesehatan fisik dan psikis dalam kondisi baik. Ketika berkendara dengan kondisi berpuasa dan menghadapi situasi perjalanan macet, cuaca panas, dan kondisi lainnya. “Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi, kelengkapan surat kendaraan, serta uang tunai secukupnya,” tukasnya.

Terakhir poin ketiga adalah mengoptimalkan penggunaan fitur kendaraan selama perjalanan mudik dan balik, sesuai peruntukkannya. Misalnya sabuk pengaman, pemakaian rem secara bijak, dan tentunya selalu menjaga jarak aman. “Beristirahatlah maksimal 3 (tiga) jam setelah berkendara, serta patuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas yang ada,” ajak Sony.

Dia pun menambahkan, lewat berbagi tips ringan ini, diharapkan Sahabat Daihatsu dapat menikmati perjalanan mudik dengan lebih menyenangkan bersama keluarga. “Keep safety driving, semoga selamat sampai tujuan, dan bisa berkumpul kembali bersama keluarga,” tutup Sony.


(uda)