Pameran Otomotif

Meningkat, 49 Merek Kendaraan Bakal Ramaikan GIIAS 2023

GIIAS 2023 baal diramaikan banyak merek kendaraan dari yang eksis hingga yang baru masuk Indonesia. HPM
GIIAS 2023 baal diramaikan banyak merek kendaraan dari yang eksis hingga yang baru masuk Indonesia. HPM

Autogear.id – Merayakan penyelenggaraan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang ke-30 pada 10 - 20 Agustus mendatang, kiranya pihak Gaikindo bakal tampil lebih dari biasanya. Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengatakan, pameran GIIAS 2023 menjadi milestone khusus bagi asosiasi industri kendaraan bermotor ini. 

“Tahun ini GIIAS hadir sebagai penyelenggaraan pameran Gaikindo ke-30, dan pameran yang menghadirkan jumlah merek kendaraan terbanyak dalam kurun waktu delapan tahun ke belakang. Hal yang sangat membanggakan bagi kami,” ungkap Nangoi dalam jumpa pers di kawasan Mega Kuningan, beberapa waktu lalu.

Menurutnya hal tersebut menambah catatan keberhasilan mereka, yang selama ini telah menampilkan berbagai pencapaian industri otomotif. Menurut Nangoi, dengan lebih banyak peserta yang hadir pada GIIAS nanti, artinya bakal lebih banyak lagi terobosan dan teknologi industri otomotif, yang akan disajikan kepada masyarakat Indonesia.

Tahun ini GIIAS akan menghadirkan total 49 merek kendaraan bermotor, termasuk 29 merek kendaraan penumpang, 5 merek kendaraan komersial, serta 15 merek kendaraan roda dua. Dia juga menjelaskan, masuknya merek-merek kendaraan baru ke tanah air, membuktikan potensi besar pasar otomotif Indonesia. 

Baca Juga:
Menuju Shell Eco-marathon Tingkat Dunia, Tim Indonesia Fokuskan Ini

“Tahun 2022 lalu, secara global produksi kendaraan bermotor di Indonesia menduduki peringkat ke-11, sementara untuk market domestik Indonesia berada di posisi ke-14 di dunia. Dengan jumlah total penduduk mencapai lebih dari 275 juta jiwa, dan rasio kepemilikan mobil sebesar 99 unit per 1.000 penduduk, Indonesia memiliki pasar potensial terbesar di Asia Tenggara,” jelasnya. 

Lanjut Nangoi, Indonesia juga memiliki potensi untuk terus meningkatkan angka ekspor, dengan memanfaatkan letak geografis demi memperluas negara tujuan ekspor. Terutama ke negara ASEAN serta Australia. “Dengan memanfaatkan penyelenggaraan GIIAS, untuk menunjukkan inovasi produk kendaraan dan komponen produksi dalam negeri kepada dunia internasional,” tukasnya.

Edukasi Lewat Produk Otomotif Terbaru
“GIIAS tidak pernah absen menjadi ajang perkenalan industri otomotif. Tahun ini pun puluhan inovasi, teknologi kendaraan terbaru, termasuk kendaraan berbasis listrik, hingga kendaraan world premiere akan diluncurkan,” ujar Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo, Rizwan Alamsjah.

Dikatakannya, informasi, edukasi, dan pengalaman tentang teknologi otomotif terbaru telah menjadi acuan masyarakat Indonesia, sebagai bukti, pada penyelenggaraan GIIAS tahun lalu. Program EV Test Track efektif membangun pengetahuan tentang kelebihan kendaraan listrik berbasis baterai, kepada lebih dari 10.000 pengunjung yang mencoba langsung. 

Baca Juga:
Halo Bikers, Ini Lho Kendala yang Sering Terjadi pada Knalpot Motor!

Setelahnya, pihaknya mencatat lonjakan permintaan kendaraan berbasis listrik. Dimana pada tahun 2021 sebanyak 678 unit, naik menjadi 10.000 unit pada tahun 2022. GIIAS tahun ini juga akan kembali menyoroti dari kendaraan listrik. Pengunjung dapat mengendarai langsung kendaraan listrik, termasuk dari inovasi kendaraan listrik terbaru, yang belum pernah hadir di Indonesia.

Selain kendaraan penumpang, kendaraan komersial, dan kendaraan roda dua, 3 (tiga) merek Karoseri juga akan hadir, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem. Lebih dari 100 merek peserta dari industri pendukung juga akan unjuk gigi, dalam penyelenggaraan GIIAS kali ini. Karena itu diklaim Rizwan, GIIAS 2023 merupakan ajang yang tidak boleh dilewatkan para pecinta otomotif Indonesia.


(uda)