MXGP of Indonesia 2022

Samota-Sumbawa Bakal Tuan Rumah MXGP of Indonesia 2022

MXGP of Indonesia pilih lokasi baru di Sumbawa, tanggal pelaksanaan akan berlangsung pada akhir Juni 2022. MXGP
MXGP of Indonesia pilih lokasi baru di Sumbawa, tanggal pelaksanaan akan berlangsung pada akhir Juni 2022. MXGP

Autogear.id – Aktivitas otomotif semakin menggeliat di masa endemi, satu di antaranya perhelatan MXGP of Indonesia 2022. Rencananya kejuaraan balap motocross bergengsi tersebut akan diselenggarakan di Samota, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, 24-26 Juni 2022.

Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan jumpa pers yang berlangsung di Jakarta, Kamis (19/5/2022). Dihadiri Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo yang juga selaku pengawas pelaksana Racing Committee, serta beberapa stakeholders dari MXGP of Indonesia 2022.

Ajang MXGP kembali ke Indonesia, setelah dua tahun absen lantaran pandemi covid-19, dengan pelaksanaan terakhir pada tahun 2019 di Kota Palembang, Sumatera Selatan dan Semarang, Jawa Tengah.

Terkait pemilihan lokasi di Samota, Sumbawa, karena merupakan daerah strategis, yang terintegrasi dari tiga kawasan indah yang popular di dunia. Samota sendiri adalah singkatan dari wilayah Saleh, Moyo, dan Tambora). Sehingga MXGP of Indonesia diharapkan menjadi entry point untuk Samota agar dapat lebih dikenal dunia.

Baca Juga:
Charles Leclerc Hancurkan Mobil Bersejarah Ferrari 312B3 di Monako

“Sumbawa sebagai tuan rumah penyelenggaraan MXGP of Indonesia 2022 giat mempersiapkan diri dari. Baik dari sisi fasilitas infastruktur maupun logistik. Tentunya dengan dukungan penuh dari para stakeholders penyelenggara, masyarakat Sumbawa dan pegiat otomotif di Indonesia,” kata Zulkieflimansyah.

Ia melanjutkan, pembangunan sirkuit di Samota terkait MXGP dijadwalkan selesai awal Juni 2022, dilanjutkan persiapan logistik balap dan beragam acara pendukung. Sumbawa menjadi pilihan utama dengan daya tarik keindahan alam, dan sumber daya yang disiapkan selama kurang lebih 4 bulan terakhir.

Penyelenggara selama 3 hari di Samota menargetkan 75.000 penonton yang hadir, untuk menyaksikan MXGP serta beragam acara pendukung menarik lainnya. Tiket penonton sendiri baru akan dijual pekan depan, dengan berbagai pilihan.

Dijadwalkan rombongan peserta MXGP of Indonesia dari berbagai negara akan tiba di Indonesia sepekan sebelum acara berlangsung. Persiapan perhelatan dimulai sejak awal tahun 2022 oleh STI sebegai kontraktor MXGP of Indonesia, dengan Infront selaku pemegang hak pelaksanaan MXGP di dunia.

Baca Juga:
Dapat Penyegaran, Motor Petualang Rp650 Jutaan Ini Kian Gaya

Perjalanan MXGP di Indonesia berawal pada tahun 2017 di Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Kemudian menjadi tolok ukur olahraga motocross di Indonesia, dengan animo pembalap yang semakin tumbuh, dan minat penonton yang terus bertambah setiap tahunnya.

Jadwal acara MXGP of Indonesia 2022 bisa dilihat di laman MXGP.com. Nantinya sepekan sebelum acara berlngsung, jadwal tersebut juga akan disebarluaskan oleh penyelenggara.


(uda)