Mobil Balap

Civic Type R-GT Mulai Ujicoba Persiapan Balap Super GT 2024

Civic Type-R GT siap jalani balapan setelah menjalani serangkaian pengetesan di Sirkuit Okayama, Jepang. HRC
Civic Type-R GT siap jalani balapan setelah menjalani serangkaian pengetesan di Sirkuit Okayama, Jepang. HRC

Autogear.id – Mempersiapkan diri di ajang kejuaraan balap, Honda Racing Corporation (HRC) mengumumkan untuk menguji coba mobil Honda Civic Type R-GT, di Sirkuit Internasional Okayama, Jepang, beberapa waktu lalu. Rencananya, mobil ini akan mulai digunakan pada ajang balap Super GT Series, pada tahun 2024 mendatang.

Diketahui, Civic Type R-GT sebelumnya diperkenalkan untuk pertama kali di dunia dalam bentuk konsep. Tepatnya diperkenalkan dalam ajang Tokyo Auto Salon 2023, pada Januari lalu. Diklaim Honda, mobil tersebut langsung mendapat sambutan sangat baik. 

Bahkan kendaraan tersebut berhasil mengantongi penghargaan bergengsi “Concept Car Category Grand Prize” di acara Tokyo International Custom Car Contest 2023, pada ajang Tokyo Auto Salon 2023 lalu.

Dijelaskan, mobil ini dikembangkan dari basis Civic Type R generasi terbaru yang diperkenalkan pada semester kedua tahun 2022. Secara jantung mekanis, mobil ini mengusung mesin 2.0-liter direct injection turbocharged inline 4-cylinder. Untuk desain bodi dan aerodinamika mobil, beserta teknologi lainnya dikembangkan secara khusus oleh Honda Racing Co., Ltd.

Baca Juga:
Soal Ekspor, Produsen Motor ICE Bisa Kalah dari Motor Listrik Lho!

President dan CEO HRC, Koji Watanabe mengatakan, mereka sangat bangga dapat memulai pengetesan untuk varian mobil yang cukup diunggulkan di pasaran ini. Selain itu, mereka juga untuk pertama kalinya menggunakan brand Type R. 

“Dipersiapkan sebagai mobil balap terbaru, yang akan mulai digunakan di kelas GT500 di ajang balap Super GT Series tahun 2024. Ke depannya, mobil ini juga kami harapkan dapat digunakan di berbagai kejuaraan balap lainnya di seluruh dunia,” tukas Watanabe.


(uda)