Balap Mobil

Dua Pereli Nusantara Siap Tarung di Rally Dakar Versi Asia, AXCR 2023

Sosok Jeje, yang juga kental dengan kegiatan offroad ini, akan berkompetisi dalam kerasnya ajang AXCR yang memang dikenal dengan karakter medan ekstrem.  AG-Alun
Sosok Jeje, yang juga kental dengan kegiatan offroad ini, akan berkompetisi dalam kerasnya ajang AXCR yang memang dikenal dengan karakter medan ekstrem. AG-Alun

Autogear.id – Kejuaraan reli Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 yang mengambil rute dari Thailand menuju Laos (13-19/8/2023), bakal diikuti banyak pereli internasional dari belasan negara. Di antaranya adalah pasangan pereli dari Indonesia, Julian Johan (Jeje) dan Recky Resanto. Keduanya telah menyatakan kesiapan, untuk berkompetisi dalam reli tersebut.

Sosok Jeje, yang juga kental dengan kegiatan offroad ini, akan berkompetisi dalam kerasnya ajang AXCR yang memang dikenal dengan karakter medan ekstrem. Terdiri dari kontur tanah, lumpur dan aspal, untuk melintasi beberapa jalur utama dan menempuh jarak kurang lebih 2.000 Km.

Terkait kelas yang diikuti Jeje bersama pasangannya Recky Resanto, dalam AXCR 2023, mereka akan bertarung dengan beberapa peserta dari Kawasan Asia di Kelas T1G. Merupakan pertarungan prestisius, untuk mobil-mobil bermesin bensin dengan sistem penggerak 4x4.

Pasangan ini nantinya akan menggunakan Toyota Land Cruiser 200, yang telah dipersiapkan dengan matang dan dimodifikasi agar sesuai regulasi AXCR 2023. Boleh dibilang Jeje adalah pembalap Indonesia pertama, yang menggunakan Land Cruiser 200 atau LX570, dalam ajang kompetisi bertaraf internasional.

Baca Juga:
Eksplorasi Putaran Tengah CB150X, Sambil Hirup Udara Segar

Adapun pemilihan Toyota Land Cruiser yang digunakan Jeje dan Recky pada ajang AXCR 2023 didasari bukan hanya dari ketangguhannya. Melainkan juga didasari oleh nilai histori yang kuat. Karena telah lebih dari 25 tahun eksis di ajang Rally Dakar, sejak pertama kali digunakan pada tahun 1995.

Sejarah pun mencatat, kalau SUV lansiran Jepang ini memiliki rekam jejak yang sangat baik. Bukan hanya dari segi penjualan yang kerap merajai segmen full-sized SUV, lantaran ketangguhan serta kenyamanannya. Tetapi, keandalannya dalam reli Dakar juga memberi impresi teramat kuat bagi pemilik akun Youtube Jejelogy.

“Senang rasanya bisa mengumumkan keikutsertaan saya dan Recky dalam AXCR 2023. Ini merupakan mimpi kecil saya, untuk bisa merasakan betapa ganasnya reli Dakar versi Asia,” kata Jeje. Menurutnya, kalau bicara tentang reli, salah satu impiannya adalah mengikuti reli Dakar. Namun sementara ini, ibaratnya AXCR menjadi tujuan yang realistis untuk kawasan Asia.

Keikutsertaan mereka berdua dalam AXCR 2023 juga tak lepas dari peran dan dukungan beberapa pihak. Antara lain dukungan dari GHP Law Firm, BFGoodrich, dan Motul.


(uda)