Komunitas Motor

Keren, Sebentar Lagi Pulau Dewata Jadi Tuan Rumah Vespa World Days

Beberapa bulan ke depan, akan berlangsung even bergengsi dunia, Vespa World Days (VWD) yang rencananya bakal digelar di Pantai Mertasari, Bali, 9 - 12 Juni 2022. Vespa
Beberapa bulan ke depan, akan berlangsung even bergengsi dunia, Vespa World Days (VWD) yang rencananya bakal digelar di Pantai Mertasari, Bali, 9 - 12 Juni 2022. Vespa

Autogear.id – Beberapa bulan ke depan, akan berlangsung even bergengsi dunia, Vespa World Days (VWD) yang rencananya bakal digelar di Pantai Mertasari, Bali, 9 - 12 Juni 2022. Ikatan Motor Indonesia (IMI) dalam hal ini menilai, VWD sebagai momen luar biasa. Pasalnya, selama ini VWD acapkali digelar di negara-negara Benua Eropa.

"Bayangkan saja, para pecinta Vespa dari seluruh penjuru dunia akan berkumpul, menikmati keindahan alam Bali. Jadi, even ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Untuk mempromosikan sebanyak mungkin wajah Indonesia, baik dari budaya, adat istiadat, hingga kerajinan tangan,” kata Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo, melalui keterangan resminya.

Kegiatan ini, kata Bamsoet panggilan singkat Bambang Soesatyo, dapat memberi multiplier effect ekonomi yang besar bagi pariwisata dan ekonomi kreatif Bali. Sekaligus meneguhkan branding Indonesia sebagai rumah bagi olahraga dan mobilitas otomotif dunia.

Apa yang mendasari VWD akan dilangsungkan di Pulau Dewata memang tak lepas dari animo kaum skuteris yang ada di Indonesia. Data VWD mengatakan, untuk model-model klasik yang ada di Indonesia mencapai 890 ribu unit, sedangkan yang modern mencapai 280 ribu unit.

Baca Juga:
Lampu LED Carbon P3 dari Autovision, Lebih Terang dan Kaya Teknologi

"Berdasarkan laporan PT Piaggio Indonesia (PID) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia, komunitas penggemar Vespa di Indonesia terbesar kedua di dunia, setelah Italia yang merupakan negara asalnya," jelas Bamsoet.

Menyikapi gelaran VWD nanti, berbagai konten kegiatan sudah disiapkan demi menyambut antusiasme para peserta. Dimana pada 9 Juni nanti, para peserta akan melakukan turing ke Panglipuran. Lanjut pembukaan Vespa Museum, kemudian Vespa Village, Dyno Contest, Gymkhana Contest, dan Ride Exhibition.

"Selanjutnya pada 10 Juni peserta akan turing ke Teras Field Rice Ubud, hingga Bounty Cruise. 11 Juni 2022 akan ada Vespa Parade Ride to Bali Art Center. Ditutup 12 Juni 2022 dengan mengunjungi Garuda Wisnu Kencana," pungkasnya.

Vespa World Days (VWD) pertama kali dilaksanakan pada tahun 1954 hingga 2006. Awalnya dinamakan dengan The Eurovespa. Diadakan agar pecinta Vespa dari seluruh Eropa dan dunia datang bersama-sama, untuk mengikuti reli terbesar dan paling terkenal di seluruh dunia. Eurovespa terakhir diadakan di Torino, Italia, pada 2006.

Kemudian, di tahun yang sama grup dan yayasan Piaggio menciptakan Vespa World Club. Bertujuan untuk mempromosikan, menyatukan, dan mengoordinasikan semua klub dan komunitas Vespa yang ada di seluruh dunia. Barulah pada 2007, Vespa World Club berubah nama menjadi Vespa World Days (VWD).


(uda)