Komunitas Otomotif

Usia 13 Tahun, Khotak Tetap Kompak Tak Terkotak-Kotak

Khotak yang merupakan bagian dari komunitas pengguna motor Honda di Jawa Barat, tetap kompak di usia yang ke-13. DAM
Khotak yang merupakan bagian dari komunitas pengguna motor Honda di Jawa Barat, tetap kompak di usia yang ke-13. DAM

Autogear.id – Tetap kompak dan solid, tidak terkotak-kotak. Itulah yang dijunjung tinggi Komunitas Honda Tasikmalaya (Khotak). Sebuah wadah atau paguyuban yang menaungi belasan club dan komunitas pengguna motor Honda di Tasikmalaya, Jawa Barat. Strategi pun dilakukan Khotak, antara lain dengan memperbanyak kopdar rutin dan aktivitas positif. 

Dalam menjaga silaturahmi antar club dan komunitas di bawah naungannya, agar kekompakan dan soliditas terus terjaga. Khotak sendiri berdiri sejak 9 September 2009, pencetusnya adalah dua orang bikers dari dua klub yang berbeda. Yaitu Sandra dari Honda Karisma Auto Club (HKAC), dan Doni dari Honda Supra Tasikmalaya Club (HSTC).
 
Keduanya lantas bertekad, membuat dan membangun sebuah komunitas Honda di Tasikmalaya. Lalu membentuknya menjadi satu paguyuban, dengan cita-cita menciptakan sebuah komunitas motor yang besar. Hasil musyawarah antar komunitas dan club, yang diwakili oleh  Andri dan Cobra dari TTFC, Sandra HKAC, Doni HSTC, Bimbim dari HBTC, Opik dan Prabu dari HVOC serta Andri, wakil dari BTIC. Mereka kemudian menyepakati untuk membentuk Khotak.
 
Menginjak usia ke-13 tahun, paguyuban ini sudah memiliki total 900 sampai 1.000 member. Dengan sekitar 23 club dan komunitas yang terdaftar di dalamnya. Yaitu Honda Verza Raiders Tasikmalaya (HVRT), Honda Blade Auto Tasikmalaya (HBAT), CBR Club Tasikmalaya (CCT), Honda Vario Owners Community Tasikmalaya (HVOC), dan Grand Honda Owner Team Tasikmalaya (GHOT).

Baca Juga:
Honda BeAT Ganti Kostum Lagi, eh Ada yang Kelir Ijo!

 
Kemudian ada Honda Karisma Auto Club (HKAC), Tasikmalaya Honda Revo Club (Thorec), Pro-Max Tasikmalaya Club (GL Promtac), Scoopy Tasikmalaya (Scootas), Keluarga Win Tasik (Kawit), Honda Mega Pro Club Tasikmalaya (HMPC), serta Generation Sonic 150 R Independent Tasikmalaya (Gesit).
 
Terdapat pula di dalamnya Honda Beat Tasik Club (HBTC), Streetfire Club Owner Tasikmalaya (SCOT), Honda Supra Tasik Club (HSTC), Tasik Tiger Fans Club (TTFC), dan Bebek C-70 Independent Club (BTIC). Serta yang baru saja bergabung yakni Honda PCX Club Indonesia (HPCI) dan Honda ADV Indonesia (HAI).
 
Saat ini Khotak diketuai oleh Dian dari Honda Karisma Auto Club (HKAC). “Kami selalu melakukan kopdar rutin setiap Rabu malam. Berkumpul di Alun-alun Kota Tasikmalaya, tepatnya di Jl. Otto Iskandardinata," ujar Dian yang kemana-mana selalu mengendarai Honda Karisma 2003.
 
Merunut ke atas, Khotak juga merupakan anggota paguyuban Ikatan Motor Honda Jawa Barat (IMHJB). Hampir setiap event yang digelar PT. Daya Adicipta Motora (DAM), main dealer motor Honda di Jawa Barat melibatkan IMHJB dan Khotak.

Baca Juga:
Delvintor Kunci Gelar Juara Kejurnas Motocross 2022 Kelas MX2

Sebagai bagian dari komunitas Honda di Indonesia, Khotak selalu mengedepankan prinsip keselamatan berkendara. Terutama saat melakukan rutinitas harian, ataupun ketika berkendara bersama-sama. "Selalu solid, tetap santuy dan berkendaralah dengan aman serta patuhi peraturan,” pungkas Dian.


(uda)