Bengkel Umum

Dipaksa Tutup Selama PSBB, Bengkel Umum Harus 'Putar Otak'

Bengkel Fast andakan layanan Home Visit selama PSBB. ig/bengkelfast
Bengkel Fast andakan layanan Home Visit selama PSBB. ig/bengkelfast

Autogear.id: Selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pelaku bisnis bengkel harus memutar otak agar tetap 'survive' di tengah wabah pandemi Covid-19 ini. Karena itu, tak ingin kalah dari bengkel-bengkel resmi APM (Agen Pemegang Merk), beberapa bengkel umum juga menerapkan jenis layanan dengan mengunjungi langsung konsumen. 

Salah satunya adalah bengkel Fast yang dikenal sebagai bengkel spesialis aki, oli, kaki-kaki, serta ban. Selama PSBB, Fast menawarkan layanan Home Visit.

"Sesuai himbauan PSBB, bengkel kita sementara tutup. Tapi kita yang mengunjungi langsung ke rumah konsumen," ujar Penanggung Jawab bengkel Fast, Tumenggung Prabowo saat dihubungi redaksi Autogear, Kamis (23/4/2020). 

"Tapi ada beberapa yang tidak mungkin dilakukan di rumah konsumen. Seperti ban dan kaki-kaki kita nggak bisa lakukan di rumah karena peralatan ada di bengkel semua," lanjutnya. 

Tumenggung menambahkan, selama masa pandemi layanan darurat bengkel Fast juga beberapa kali melayani kendaraan operasional Palang Merah Indonesia (PMI). 

"Yang pasti kita tetap 'stand by', kita beberapa kali melayani PMI, seperti kita ganti genset PMI, ganti aki mobil ambulans PMI, serta ganti baterai mobil disinfektan. Jadi suka nggak suka kita berlakukan sistem piket. Coverage areanya masih di Jakarta aja," beber Tumenggung. 

Untuk konsumen di area Jakarta yang kendaraannya memiliki masalah di jalan, bisa menghubungi layanan darurat Fast di nomor 0812 1333 3278. "Jika memang darurat mobil mati, konsumen bisa telpon ke kontak kita lalu informasikan posisinya dimana nanti kita akan set outlet mana yang paling dekat. Bisa dari tim Kelapa Gading atau outlet kita yang di Pancoran," jelas Tumenggung. 

Bengkel Fast sendiri saat ini memiliki total delapan outlet. Dua outlet ada di Jakarta yaitu Kelapa Gading dan Pancoran, sedangkan yang lainnya ada di Bogor, Solo, Jambi, serta Lampung. Selama masa pandemi, tim Fast juga memastikan protokol kesehatan dalam setiap layanannya. 

Sistem jemput bola memang menjadi tren bisnis bengkel saat ini. Bahkan bengkel-bengkel resmi pabrikan besar seperti Toyota, Mitsubishi, Suzuki, Daihatsu, dan lain-lain juga berlomba-lomba memanjakan konsumen dengan mendatangi langsung ke rumah. 


(uda)