Industri Otomotif

Produsen Ban Merambah Bisnis Sepatu

Produsen ban Bridgestone bekerjasama dengan Soles4Souls Asia untuk membuat sepatu dari ban bekas. bridgestone
Produsen ban Bridgestone bekerjasama dengan Soles4Souls Asia untuk membuat sepatu dari ban bekas. bridgestone

Autogear.id: Produsen ban Bridgestone mengumumkan kerjasama dengan organisasi nirlaba global, Soles4Souls Asia selama dua tahun (2020 - 2022) untuk program berkelanjutan yaitu membuat sepatu baru dari ban bekas.

Kerjasama ini diumumkan bertepatan dengan perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tanggal 5 Juni 2020, sebagai pengingat penting bagi dunia untuk mengatasi masalah lingkungan hidup menuju kehidupan yang lebih baik.

Bridgestone Indonesia dan Soles4Souls Asia akan bekerja dengan mitra untuk memproduksi sepatu yang akan didistribusikan kepada orang-orang yang membutuhkan di seluruh dunia dan dijual melalui berbagai outlet. 

Tujuan kerjasama ini untuk mengubah 40.000 ban bekas menjadi 400.000 pasang sepatu pada akhir tahun 2022, dengan mengolah ban-ban yang sudah tidak terpakai dan menjadikannya barang yang lebih bermanfaat. 

Kerjasama ini juga mendorong ke arah ekonomi berkelanjutan dengan menghilangkan limbah melalui pemanfaatan sumber daya secara berkesinambungan. Selain itu, Bridgestone Indonesia turut menyumbangkan uang sebesar 60.000 USD untuk membantu Soles4Souls Asia dalam upaya global mereka memperluas proyek ini.

“Sejak awal kerjasama ini, Bridgestone Indonesia telah berkomitmen untuk menemukan cara yang berkelanjutan untuk menggunakan produk mereka dan dapat melakukan yang terbaik dengan produk-produknya,” kata Presiden dan CEO Soles4Souls Asia, Buddy Teaster. 

Lebih lanjut, Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia, Mukiat Sutikno menegaskan kerjasama ini lahir dari visi yang sama untuk memajukan masyarakat yang ramah lingkungan dengan mendukung ekonomi berkelanjutan.

“Pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, kami senang dapat mengumumkan kolaborasi ini yang lahir dari nilai yang didasari komitmen CSR Global Bridgestone, 'Our Way to Serve'. Kami berharap inisiatif ini dapat berkontribusi dalam mengurangi limbah ban dan jejak karbon kami, sambil membantu masyarakat yang membutuhkan,” kata Mukiat. 

Untuk memulai kemitraan ini, Bridgestone Indonesia dan Soles4Souls Asia akan bekerja dengan Indosole, sebuah merek sepatu dan perusahaan bersertifikat B, yang akan memproduksi sepatu di pabrik mereka di Indonesia dan menjualnya di toko-toko di seluruh dunia dan secara online. Untuk setiap pasang sepatu yang dijual oleh Indosole, sebagian hasilnya akan disumbangkan kembali ke Soles4Souls Asia untuk memajukan upaya mendistribusikan sepatu baru kepada orang-orang yang membutuhkan di seluruh Asia.


(uda)