Pameran Otomotif

Saatnya APM Jor-Joran Jualan Mobil di Jakarta Auto Week 2022

Pameran otomotif Jakarta Auto Week akan berfokus terhadap program penjualan peserta pameran yang ikut. AG/Ahmad Garuda
Pameran otomotif Jakarta Auto Week akan berfokus terhadap program penjualan peserta pameran yang ikut. AG/Ahmad Garuda

Autogear.id - Kondisi perekonomian bangsa yang mulai bangkit, memang tak mudah untuk terus digenjot. Perlu strategi tepat terutama untuk memberikan stimulus cepat di sektor-sektor yang menggerakkan ekonomi bangsa. Sepertinya halnya yang diberikan pemerintah terhadap industri otomotif. 

Pemberian relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) di awal 2022, masih jadi tema beasr. Namun hal ini harus didorong dengan momen penjualan kendaraan yang tepat seperti pameran otomotif. Hal ini yang benar-benar disadari oleh GAIKINDO dalam melaksanakan pameran otomotif Jakarta Auto Week (JAW) 2022 yang bakal berlangsung mulai 12 Maret 2022 nanti.

Pameran yang akan berlangsung pada selama 9 hari ini bakal terselenggara di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Pameran ini akan menjadi sebuah ajang promo otomotif, yang bertujuan untuk terus mendongkrak angka penjualan otomotif di Indonesia.

GAIKINDO meyakini pasar otomotif Indonesia masih dan akan terus menjanjikan. Sejak dijalankan pada tahun 2020, kebijakan PPnBM telah mampu menyelamatkan dan menggairahkan Kembali industri otomotif Indonesia. 

Baca Juga:
Toyota Masih Maksimalkan Momen Ekspor 2 Juta Unit Kendaraan

“Industri otomotif Indonesia perlu terus menstimulus penjualan, makanya kami membuat pameran ini khusus untuk menggenjot penjualan. Tren ini sudah terjadi di luar negeri, di momentum yang berbeda, industri otomotif pun berhak mengajukan ragam promo menarik demi meningkatkan penjualan produk mereka. Di pameran ini pun akan begitu nantinya. Kami rasa pameran ini sangat dibutuhkan untuk terus mendorong dan menjaga momentum angka penjualan otomotif,” uja selaku Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi.

Salah satu indikator penting adalah naiknya daya beli masyarakat serta kembali maraknya berbagai program dari lembaga pembiayaan. Selama ini perusahaan pembiayaan ini pun telah menjadi bagian sangat penting dalam proses pembelian produk otomotif oleh banyak konsumen di Indonesia.

Beragam promo akan dihadirkan sepanjang pameran ini, mulai dari relaksasi PPnBM, potongan down payment, bunga 0%, gratis biaya servis berkala, hingga hadiah langsung yang ditawarkan para peserta pameran. Deretan APM yang memastikan kehadirannya di pameran ini  diantaranya Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling serta industri pendukung otomotif lainnya.

Nangoi menambahkan bahwa Jakarta Auto Week, akan menjadi rencana berkelanjutan GAIKINDO untuk menjaga gairah pasar kedepannya. Menurutnya ini adalah momentum untuk menggenjot penjualan kendaraan di awal tahun dan memang jadi hajat pemerintah untuk menggeliatkan perekonomian melalui sektor otomotif.

Baca Juga:
Pembalap MotoGP Bakal Konvoi di Jakarta, Jokowi Ikut Riding?

"Dulu saya tidak pernah berpikir untuk naik mobil dari Jakarta ke Surabaya dalam waktu sehari. Namun dengan kondisi infrastruktur yang semakin membaik, semuanya jadi memungkinkan. Jalan tol itu memang khusus buat mobil, jadi wajar jika penjualan mobil terus distimulus. Apalagi negara kita sudah punya kapasitas produksi hingga ekspor yang kuat." 


(uda)